Search for collections on PNUP Repository

Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

Amaliyah, Utami (2010) Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDARA INTERNASIAONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui kinerja PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Sultan Hasanuddin dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, yaitu dilihat dari aspek keuangan dan aspek non keuangan.
Penelitian mengenai penilaian kinerja PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menggunakan pendekatan Balanced Scorecard secara deskriptif analitis. Metode pengambilan sampel untuk karyawan dan pelanggan PT Angkasa Pura I adalah metode Non Random Sampling yaitu Convenience Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, kuesioner dan studi pustaka.
Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah kinerja PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar diukur dengan pendekatan Balanced Scorecard menunjukkan hasil yang baik. Kinerja perusahaan pada perspektif menunjukkan hasil yang baik ditandai dengan peningkatan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan dan kepuasan karyawan yang dilihat dari hasil kuesioner. Pada perspektif proses bisnis internal, margin laba operasi mengalami penurunan dan rasio beban operasi terhadap pendapatan mengalami peningkatan. Namun indikator-indikator kunci mencapai target yang ditetapkan perusahaan dan inovasi yang dilakukan perusahaan memperlihatkan kinerja perusahaan yang baik. Kinerja pada perspektif pelanggan mengalami peningkatan dikarenakan marketing effort perusahaan yang meningkat dan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan. Terakhir pada perspektif keuangan, terlihat kinerja perusahaan yang kurang baik. ROI dan net profit margin mengalami penurunan disebabkan kerugian yang dialami perusahaan. Namun dari pertumubuhan pendapatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 03 Dec 2024 06:41
Last Modified: 03 Dec 2024 06:41
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/10799

Actions (login required)

View Item
View Item