Search for collections on PNUP Repository

Implementasi Computer Vision Untuk Media Pembelajaran Pengenalan Angka Metode Jarimatika

Khafifah, Magfirah (2023) Implementasi Computer Vision Untuk Media Pembelajaran Pengenalan Angka Metode Jarimatika. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Implementasi Computer Vision Untuk Media Pembelajaran Pengenalan Angka Metode Jarima.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
JURNAL Implementasi Computer Vision Untuk Media Pembelajaran Pengenalan Angka Metode.pdf - Published Version

Download (694kB)

Abstract

Jarimatika adalah metode berhitung yang menggunakan jari sebagai media. Pembelajaran jarimatika masih mengandalkan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Computer Vision dalam pembuatan media pembelajaran jarimatika yang menarik agar dapat membantu anak-anak memahami angka di metode jarimatika. Penelitian ini menggunakan metode Convex Hull dan Convexity Defects untuk pada proses ekstraksi fitur sebelum pola tangan diidentifikasi atau dikenali. Penelitian ini melibatkan empat tahap pengujian, yaitu Blackbox, sistem pengenalan pola tangan, efektivitas aplikasi, dan respon pengguna, untuk mengevaluasi media pembelajaran jarimatika yang memanfaatkan teknik pengolahan citra. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem memiliki tingkat keberhasilan yang baik dalam mendeteksi pola tangan pada jarak 150 cm dan 30 cm, serta dalam kondisi cahaya yang baik yaitu cahaya pada luar ruangan dan insitas cahaya 154 Lux dengan demikian akurasi sistem pengenalan pola tangan dalam aplikasi sangat dipengaruhi oleh variabel-variabel, seperti jarak, kondisi cahaya, dan latar belakang. Kemudian penggunaan aplikasi dalam pengujian efektivitas menghasilkan penurunan waktu pengerjaan soal dan peningkatan skor, menegaskan bahwa aplikasi sebagai media yang menarik dan dapat membantu proses pembelajaran. Wawancara dengan tenaga pendidik dalam bidang Jarimatika juga mengungkapkan keberhasilan aplikasi dalam menyajikan materi yang menarik dan memudahkan pemahaman, menjadikannya sebagai alat yang bernilai dalam konteks pembelajaran metode jarimatika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:22
Last Modified: 05 Nov 2024 07:12
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item
View Item