Wahyullah, Andi Imran (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pengembangan Permainan Catur Berbasis Android Menggunakan Algoritma Minimax. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGEMBANGAN PERMAINAN CATUR ...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis Android menggunakan Algoritma Minimax dalam pengembangan permainan catur. Selain itu Aplikasi dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk bermain catur dimana saja dan kapan saja baik secara Offline ataupun Online. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall yang dimulai dengan analisis kebutuhan sistem, dilanjutkan dengan perancangan sistem barulah masuk ke pembuatan Aplikasi yang dilakukan dengan Menyusun kode program baik fitur Artificial Intelligence atau sekadar fitur tampilan. Untuk algoritma Artificial Intelligence digunakan Algoritma Minimax yang diefisiensikan dengan tambahan Algoritma Alpha Beta Prunning. Setelah semua komponen sistem selesai selanjutnya adalah melakukan pengujian sistem.
Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah Aplikasi catur berbasis android yang dapat dimainkan secara Offline melawan komputer ataupun bermain secara Online dengan orang lain. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox untuk menguji fungsionalitas aplikasi dan sistem, serta pengujian algoritma Minimax dengan membuat sebuah kasus lalu membandingkan penyelesaian komputer menggunakan algoritma Minimax dan tanpa menggunakan Algoritma Minimax.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan |
Depositing User: | Rahmawati S.Sos |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 02:43 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 07:25 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/10534 |