Search for collections on PNUP Repository

Perancangan Rotary Dryer Berbasis Plc (Programmable Logic Controller)

Adnan, Asrul and Rusman, Rusman (2016) Perancangan Rotary Dryer Berbasis Plc (Programmable Logic Controller). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PERANCANGAN ROTARY DRYER BERBASIS PLC (Programmable Logic Controller).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Asrul Adnan (42112033), Rusman (42112034) dengan Judul Tugas Akhir “PERANCANGAN ROTARY DRYER BERBASIS PLC (Programmable Logic Controller)” serta Bapak Hamdani ST, MT. selaku Pembimbing I dan Ashar AR ,ST, selaku Pembimbing II.
Proses pengeringan termasuk salah satu proses yang cukup banyak menggunakan energi. Proses pengeringan yang masih umum dilakukan adalah pengeringan dengan mengandalkan matahari sebagai sumber energi utamanya. Sementara, perubahan cuaca yang bisa terjadi sangat tiba-tiba akan mengganggu proses yang diinginkan. Tentu saja hal ini tidak mendukung, dikarenakan akan menghambat proses pengeringan. Berdasarkan fakta inilah, maka sangat diperlukan suatu alat untuk proses pengeringan yang menggunakan tenaga alternatif selain matahari.
Pada perancangan ini kemudian dibuatlah suatu alat pengering yang berputar (Rotary Dryer), dimana dalam perancangan ini digunakan sebuah silinder atau tabung sebagai wadah untuk media yang akan dikeringkan dan LPG (Liquified Petroleum Gas) sebagai sumber pemanas untuk menghasilkan suhu panas terkendali yang kemudian dihembuskan kedalam tabung sebagai proses pengeringan. Adapun media yang digukan dalam pegujian ini adalah jagung.
Dengan metode transfer suhu yang terkendali suhu yang dihembuskan kedalam wadah dapat diatur berkisar 400C-500C sehingga waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat dan tidak membutuhkan tempat yang luas dan dapat digunakan pada musim hujan. Selain itu dibandingkan pengeringan dengan sinar matahari yang suhunya hanya berkisar 300C sampai 350C membutuhkan waktu yang cukup lama dan tempat yang luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D3 Teknik Listrik
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 26 Sep 2024 00:41
Last Modified: 26 Sep 2024 00:41
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/10095

Actions (login required)

View Item
View Item