Search for collections on PNUP Repository

Analisa Gangguan Arus Urutan No.l Pada Trafo #1 30 Mva Akibat Gangguan Transmisi Pada Gardu Induk 150 Kv Tragi Panakkukang

Rusli, Rusli and Winantara, Bagus (2016) Analisa Gangguan Arus Urutan No.l Pada Trafo #1 30 Mva Akibat Gangguan Transmisi Pada Gardu Induk 150 Kv Tragi Panakkukang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of TUgas Akhir] Text (TUgas Akhir)
ANALISA GANGGUAN ARUS URUTAN NOL PADA TRAFO #1 30 MVA AKIBAT GANGGUAN TRANSMISI PADA GARDU INDUK 150 KV TRAGI PANAKKUKANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

(Rusli dan Bagus Winantara) Analisa Gangguan Arus Urutan Nol Pada Trafo #1 30 MVA Akibat Gangguan Transmisi Pada Gardu Induk 150 KV Tragi Panakkukang (Pembimbing I : Akshan, S.T., M.T., & Pembimbing II Asriadi, S.T., M.T).
Tujuan dari analisa ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari aliran arus urutan nol yang mengalir melalui pentanahan menuju ke belitan trafo tenaga yang dapat merusak sistem koordinasi relay proteksi. Dengan menggunakan Aplikasi Etap 12.6 kita dapat mengetahui berapa besar total arus urutan nol yang timbul pada saat terjadinya gangguan asimetris. Untuk mengetahui kesalahan sistem proteksi yang terjadi kami membuat simulasi yang menggambarkan kejadian pada saat gangguan terjadi dengan data yang kami peroleh dari PT PLN(Persero) Tragi Panakkukang.
Dalam penelitian ini, ada dua masalah yang dievaluasi, yakni pengaruh aliran arus urutan nol yang mengalir ke sistem dan mengetahui settingan untuk relay proteksi pada saat gangguan. Penelitian dilakukan di PT PLN (Persero) UPT Tragi Panakkukang. Dari hasil studi diperoleh bahwa setting rele gangguan tanah bekerja lebih cepat diluar zona proteksinya akibat adanya arus putar urutan nol yang mengalir ke dalam trafo tenaga akibatnya terjadi pemadaman yang merugikan bagi konsumen. lambatnya Rele distance pada ruas transmisi yang terganggu menutup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D3 Teknik Listrik
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2024 02:40
Last Modified: 24 Sep 2024 02:40
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/10074

Actions (login required)

View Item
View Item