Search for collections on PNUP Repository

Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros

Musdalifah, Virda (2023) Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Pada Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAROS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hasil observasi awal diperoleh informasi dari masyarakat mengeluhkan waktu penyelesaian pembuatan akta kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros dinilai lama, sarana prasarana yang kurang memadai, serta adanya tindakan diskriminasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dalam pembuatan akta kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros melalui 5 dimensi yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiviness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan emphaty (empati) dan mengetahui kendala-kendala dalam kualitas pelayanan publik pembuatan Akta Kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Tipe penelitian ini memberikan gambaran tentang pelayanan pembuatan Akta Kelahiran pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik Purposve Sampling dan Accidental Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 dimensi pelayanan pembuatan akta kelahiran. Dari 5 dimensi tersebut terdapat 2 dimensi tergolong baik yakni reliability (kehandalan) dan responsiviness (daya tanggap). Sementara, terdapat 3 dimensi tergolong kurang baik yakni tangible (bukti fisik), assurance (jaminan), dan emphaty (empati).

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik, Akta Kelahiran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:54
Last Modified: 06 Mar 2024 06:54
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item
View Item