Search for collections on PNUP Repository

Analisis Pelayanan Klaim Jaminan Hari Tua (Jht) Ada Bpjs Ketenagakerjaan Kota Makassar

Afifah, Nurul (2022) Analisis Pelayanan Klaim Jaminan Hari Tua (Jht) Ada Bpjs Ketenagakerjaan Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS PELAYANAN KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) ADA BPJS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nurul Afifah. 2022. “Analisis Pelayanan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Pada BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar”.

Penelitian ini dilakukan pada kantor BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah peserta program jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan pencairan dana jaminan hari tua yang tidak tepat waktu sehingga menunggu lama dan tidak diberikan kepastian, beberapa petugas yang kurang ramah, tidak ada tindak lanjut atas keluhan dan masukan, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti kursi dan toilet yang terbatas dan ruang tunggu yang kurang nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran tentang pelaksanaan pelayanan pengurusan klaim jaminan hari tua di BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 220 peserta jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 122 peserta. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu Teknik Sampling Kebetulan. Teknik pengumpulan data yang diguanakan kuesioner, wawancara, dan obsevasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dengan menggunakan Tabel Distribusi Frekuensi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan klaim jaminan hari tua pada BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar dapat dikatakan dalam kategori kurang baik. Indikator di anggap kurang baik yaitu waktu penyelesaian; perilaku pelaksana; penanganan pengaduan, saran, masukan dan sarana dan prasarana. Sehingga, peneliti menyarankan kepada pegawai di BPJS Ketenagakerjaan kota Makassar untuk lebih meningkatkan pelayanan agar peserta merasa puas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:55
Last Modified: 05 Mar 2024 01:55
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8657

Actions (login required)

View Item
View Item