Search for collections on PNUP Repository

Perencanaan Strategi Perusahaan Menggunakan Matriks Boston Consulting Group (Bcg) Pada Pt Smartfren Telecom Tbk

Saputri, Ayu (2022) Perencanaan Strategi Perusahaan Menggunakan Matriks Boston Consulting Group (Bcg) Pada Pt Smartfren Telecom Tbk. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MATRIKS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PT SMARTFREN TELECOM TBK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

RINGKASAN
Banyaknya entitas penyedia layanan telekomunikasi menjadi salah satu faktor industri telekomunikasi mengalami kondisi persaingan yang kompetitif. Perusahaan telekomunikasi harus menghadapi segala inovasi yang terjadi dan juga pola perubahan perilaku konsumen serta melakukan tindakan tepat untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu profitabilitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar PT Smartfren Telecom Tbk dan kelompok pendapatannya. Kemudian menentukan strategi yang sebaiknya dilakukan oleh PT Smartfren Telecom Tbk dan kelompok pendapatannya berdasarkan posisinya dalam Matriks BCG. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi dan studi literatur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dengan beberapa langkah untuk menganalisis posisi perusahaan dalam matriks BCG sebagai upaya untuk merencanakan strategi yang tepat.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PT Smartfren Telecom Tbk berada pada kuadran Question Mark. Posisi yang sama juga dialami oleh tiga dari empat kelompok pendapatannya yaitu Jasa Telekomunikasi-data, Jasa Interkoneksi, dan Pendapatan Lain-lain. Strategi yang sebaiknya perusahaan lakukan ialah strategi intensif seperti penetrasi pasar, pengembangan pasar, atau pengembangan produk. Hal yang sama juga sebaiknya diterapkan kepada tiga kelompok pendapatan perusahaan yang berada pada kuadran Question Mark. Sementara kelompok pendapatan lainnya yaitu Jasa Telekomunikasi-Non data yang berada pada kuadran Dog sebaiknya menerapkan strategi penciutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:47
Last Modified: 04 Mar 2024 07:47
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8651

Actions (login required)

View Item
View Item