Search for collections on PNUP Repository

Audit Manajemen Berbasis Penilaian Risiko Pada Bagian Penjualan Pt Langgeng Energy Prima Di Makassar

Said, A Yustika Bidasari (2022) Audit Manajemen Berbasis Penilaian Risiko Pada Bagian Penjualan Pt Langgeng Energy Prima Di Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
AUDIT MANAJEMEN BERBASIS PENILAIAN RISIKO PADA BAGIAN PENJUALAN PT LANGGENG ENERGY PRIMA DI MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang cukup pesat terjadi dalam beberapa tahun terakhir menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat diseluruh bidang usaha. Banyak perusahaan tidak mampu mempertahankan eksistensinya dalam meraih keuntungan ataupun bersaing dengan kompetitornya disebabkan karena tidak mampu menjalankan aktivitas kerja yang efektif dan efisien, sehingga perusahaan menjadi mudah dipengaruhi oleh risiko-risiko yang tak terduga. Salah satu bagian yang memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup perusahaan adalah bagian penjualan. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah kegiatan operasionalnya telah dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan perlu dilakukan audit manajemen pada bagian penjualan perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk menilai efektivitas dan efisiensi fungsi penjualan pada PT Langgeng Energy Prima di Makassar dan kemudian memberikan rekomendasi atas kondisi-kondisi yang terjadi. Penelitian diawali dengan melakukan dengan survei pendahuluan dan penilaian risiko terhadap aktivitas- aktivitas fungsi penjualan, kemudian dilanjutkan dengan penelaahan dan pengujian terhadap pengendalian manajemen, pengujian terperinci, dan pelaporan audit. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuesioner.
Berdasarkan hasil audit manajemen berbasis penilaian risiko pada fungsi penjualan, diperoleh beberapa temuan yang menyebabkan aktivitas belum efektif seperti harga yang disepakati sangat jauh dari margin yang diinginkan perusahaan dan sering terjadi keluhan dari relasi mengenai produk maupun pelayanan. Selain itu, ditemukan kondisi yang belum efisien yaitu keterlambatan dalam penagihan transaksi yang jatuh tempo, nama dan alamat customer tidak sesuai dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan jumlah staf perusahaan yang dimiliki perusahaan tidak cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:39
Last Modified: 22 Feb 2024 06:39
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/8505

Actions (login required)

View Item
View Item