Search for collections on PNUP Repository

Audit Operasional Terhadap Fungsi Personalia Pada Pt Gapura Angkasa Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

Nurlia, Anggesa (2010) Audit Operasional Terhadap Fungsi Personalia Pada Pt Gapura Angkasa Cabang Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
AUDIT OPERASIONAL TERHADAP FUNGSI PERSONALIA PADA PT GAPURA ANGKASA CABANG BANDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Anggesa Nurlia. Audit Operasional Terhadap Fungsi personalia pada PT. Gapura Angkasa Cabang Makasar Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (dibimbing oleh A. Abd Ishak,. SE.,M. Com., Ak dan Drs. Samsul Bahri, M.si).
PT. Gapura Angkasa Cabang Makasar adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Ground Handling. PT. Gapura Angkasa Cabang Makasar memiliki beberapa departemen salah satunya departemen Internal Service. Departemen Internal Service merupakan Departemen yang mengelolah Sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Kurang efektifnya aktivitas yang dilakukan akan menganggu kegiatan operasional perusahaan disebabkan pengelolaan SDM yang kurang baik. Tujuan dari audit manajemen ini adalah untuk menilai efektifitas, efisiensi dan ekonomis dari Departemen Internal Service.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan melakukan pengamatan, wawancara dan kuesioner serta penelitian kepustakaan dengan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan masalah penelitian.
Berdasarkan hasil audit operasional terhadap Departemen Internal service diperoleh beberapa temuan antara lain dalam hal perekrutan karyawan baru yang dilakukan oleh PT gapura Angkasa cenderung melalui sumber intern yakni dengan mengajak keluarga atau kenalannya, Kurangnya pensosialisasian dari manajer masing-masing unit dengan bawahannya mengenai tujuan dan manfaat pelaksanaan penilaian kinerja dan Tidak adanya pelaksanakan test awal dan akhir pada saat setiap pelatihan sehingga hal ini tidak bisa menunjukkan tingkat kemampuan masing-masing karyawan.
Hasil pemeriksaan dan saran disajikan untuk memperbaiki fungsi Personalia. Saran tersebut antara lain Untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kegiatan rekrutmen tenaga kerja yaitu melalui hubungan keluarga, maka perusahaan khususnya Departemen Internal Service harus lebih meningkatkan pengendalian manajemen dengan jalan memperketat proses sistem dan prosedur rekrutmen itu sendiri. Sedangkan untuk masalah pensosialisasikan pelaksanaan penilaian kinerja, sebaiknya General Manajer menekankan kepada manajer tiap-tiap unit agar dapat mensosialisasikan kepda bawahanya masing-masing tentang tujuan dan manfaat dari pelaksanaan penilaian kinerja atau prestasi bagi karyawan dan perusahaan, Dan untuk dilaksanakan test awal dan akhir pada saat setiap pelaksanaan pelatihan, hal ini harus jadi perhatian bagi General manager untuk melaksanakan test tersebut. Agar supaya bisa memperlihatkan tingkat perubahan kemampuan masing-masing karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:59
Last Modified: 19 Dec 2023 01:59
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7684

Actions (login required)

View Item
View Item