Search for collections on PNUP Repository

Modifikasi Sistem Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy

Zet Bonggasilomba and Kalpianus Kambuno and Delianto Sampebua’ and Iskandar (2010) Modifikasi Sistem Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Modifikasi Sistem Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy.pdf] Text
Modifikasi Sistem Chasis dan Kelistrikan Untuk Kendaraan Light Buggy.pdf - Published Version

Download (31MB)

Abstract

Light buggy merupakan salah satu kendararan parawisata dengan kapasitas satu
orang penumpang. Kendaraan ini mampu melalui jalan beraspal dan
berpasir/tanah, Komponen utama dari kendaraan ini yaitu rangka, suspensi, sistem
kemudi, mesin, transmisi dan rem. Enam komponen ini sangat penting dan perlu
diperhatikan dalam merancang dan membuat kendaraan light buggy. Kendaraan
ini telah dibuat sebelumnya, tetapi memiliki kekurangan yang perlu
disempurnakan, seperi pada sistem kemudi, model rangka, mesin yang digunakan,
posisi mesin, pemindah daya, starter dan penerangan. Pada sistem kemudi,
kendaraan sebelumnya menggunakan sistem kemudi rack and pinion yang mudah
digerakkan namun jarak setir dengan pengemudi terlalu dekat sehingga
pengemudi kurang nyaman saat mengoperasikannya. Karena itu pada modfikasi
ini jarak setir dengan pengemudi dibuat lebih efisien sehingga dalam
pengoperasiannya pengemudi merasa lebih nyaman. Mesin yang digunakan,
kendaraan light buggy sebelumnya menggunakan mesin 110 cc sehingga kurang
mampu menggerakkan kendaraan tersebut, untuk itu pada modifikasi ini
menggunakan mesin 150 cc agar lebih mampu menggerakkan kendaraan tersebut.
Light buggy sebelumnya pendistribusian daya ke roda menggunakan rantai dan
besi pejal sebagai poros penggerak. Oleh karena itu pada pembuatan selanjutnya
menggunakan differensial yang berfungsi mengatur putaran kedua roda belakang
pada saat kendaraan membelok, sehingga kendaraan mudah dikendalikan untuk
menghindari terjadinya kecelakaan, kemudian menggunakan poros propeller
sebagai penerus daya dari transmisi ke defferensial agar pendistribusian daya
lebih maksimal.Sistem starter kendaraan light buggy sebelumnya menggunakan
sistem starter mekanik. Sehingga pada modifikasi ini menggunakan motor starter
agar pada saat starter lebih mudah. Kemudian pada sitem penerangan, kendaraan
light buggy sebelumnya hanya menggunakan lampu kepala, untuk itu pada
modifikasi selanjutnya akan di lengkapi dengan lampu weser, lampu rem dan
lampu mundur agar kendaraan ini lebih aman pada saat di gunakan.
Kata kunci: modifikasi, light buggy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Mesin
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:19
Last Modified: 23 Nov 2023 05:19
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item
View Item