Search for collections on PNUP Repository

Pengembangan Sistem Pengereman Dinamis Pada Motor Induksi Tiga-Fasa Dengan Menggunakan Plc

Suhardiman R and Deddy Heriyanto P and Hj. Mu`Minah (2008) Pengembangan Sistem Pengereman Dinamis Pada Motor Induksi Tiga-Fasa Dengan Menggunakan Plc. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Pengembangan Sistem Pengereman Dinamis Pada Motor Induksi Tiga-Fasa Dengan Menggunakan Plc.pdf] Text
Pengembangan Sistem Pengereman Dinamis Pada Motor Induksi Tiga-Fasa Dengan Menggunakan Plc.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Motor induksi merupakan salah satu mesin penggerak yang paling banyak digunakan di industi karena memiliki beberapa keuntungan antara lain sederhana, murah, dan pemeliharaannya mudah. Pengereman diperlukan untuk menghentikan motor dengan cepat. Dalam hal-hal tertentu, motor listrik diharapkan berhenti pada selang waktu yang diinginkan. Untuk itu dibutuhkan suatu kontrol pengereman yang dapat diatur. Pengereman dinamis pada motor induksi merupakan salah satu jenis pengereman yang dapat diatur secara elektrik. Metode pengereman dinamis (dynamic braking) memiliki keuntungan antara lain kemudahan pengaturan kecepatan pengereman terhadap motor induksi tiga fasa.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rangkaian kontrol sistem pengereman dinamis pada motor induksi tiga fasa yang mudah diatur dengan menggunakan komponen listrik dan elektronik, menentukan hubungan waktu pengereman dengan besarnya arus dc dan daya yang disuplai ke motor induksi pada saat pengereman terjadi, dan memperoleh hubungan belitan stator saat terjadi pengereman yang menghasilkan sistem pengereman yang paling efisien.
Dari hasil rancangan dan pengujian sistem pengereman dinamis motor induksi, diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan PLC sebagai alat kontrol diperoleh sistem pengereman yang mudah diatur dan dimodifikasi/dikembangkan, makin besarnya arus dc dan daya yang diinjeksikan ke belitan motor induksi pada saat pengereman terjadi maka makin cepat motor berhenti, dan konfigurasi hubungan yang menghasilkan waktu pengereman cepat dengan arus dan daya yang terkecil adalah hubungan paralel dua belitan yang diserikan dengan belitan yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Konversi Energi
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:11
Last Modified: 21 Nov 2023 03:11
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7225

Actions (login required)

View Item
View Item