Search for collections on PNUP Repository

Efektivitas Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Kementerian Agama Kota Makassar

Nurhijiriah, Siti (2013) Efektivitas Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Kantor Kementerian Agama Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Siti Nurhijiriah, “Efektivitas Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada kantor Kementerian Agama kota Makassar”, dibimbing oleh Imasita dan Farida Amansyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan surat masuk dan surat keluar dan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada kantor Kementerian Agama kota Makassar. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu memberikan gambaran tentang efektivitas pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada kantor Kementerian Agama kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif yang berdasarkan pada hasil observasi, wawancara, dan kuesioner terhadap pegawai pada kantor Kementerian Agama kota Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kantor ini telah menyiapkan buku pedoman untuk mengelola surat tersebut. Namun, kenyataannya bahwa pedoman tersebut tidak diterapkan pada unit penerima surat, penata arsip baik surat masuk maupun keluar, pengolah surat keluar, dan pengarah surat keluar. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya masalah dalam proses pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada kantor Kementerian Agama kota Makassar yaitu sistem pengelolaan surat dan arsip yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pengurusan surat dan penataan arsip inaktif, prasarana dan sarana pengolahan surat dan arsip yang tidak tepat, sumber daya manusia yang tidak ditempatkan sesuai dengan keahliannya dan hanya sedikit pegawai yang diikut sertakan dalam pelatihan kearsipan di tata persuratan serta penyediaan dana yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:16
Last Modified: 20 Nov 2023 01:16
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item
View Item