Search for collections on PNUP Repository

Modifikasi Sistem Penggerak dan Pemindah Daya untuk Kendaraan Light Buggy

Yosep., Markus and Kores, Kores and Awaluddin, Awaluddin (2009) Modifikasi Sistem Penggerak dan Pemindah Daya untuk Kendaraan Light Buggy. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Modifikasi Sistem Penggerak  dan Pemindah Daya untuk Kendaraan  Light Buggy.pdf] Text
Modifikasi Sistem Penggerak dan Pemindah Daya untuk Kendaraan Light Buggy.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Light buggy merupakan salah satu jenis dari buggy yang dirancang sesuai kebutuhan kendaraan parawisata. Istilah buggy hampir pasti mewakili kendaraan memenuhi kebutuhan akan kendaraan off-road. Termasuk mobil pipa rock crawling (rock buggy) dan kendaraan off-road buggy yang bersifat rekreasi. Meski turunannya berbeda-beda, namun ada kesamaan penting, yakni buggy berakar dari kendaraan home made atau buatan sendiri, dan dibuat khusus untuk medan tertentu.
Kendaraan ini memiliki kapasitas hanya mampu membawa satu orang penumpang (single seater) dan mampu membawa komponen tambahan seperti sistem transmisi. Jalan yang mampu dilalui oleh kendaraan ini adalah jalan beraspal dan jalan tanah, karena performance dari kendaraan ini sangat terbatas. Adapun komponen utama dari light buggy ini seperti rangka (frame), suspensi, sistem kemudi, mesin, transmisi dan rem. Enam komponen ini sangat penting dan perlu diperhatikan dalam merancang dan membuat kendaraan light buggy.
Pada umumnya kendaraan dilengkapi dengan berbagai sistem untuk menunjang kinerja mesin. Salah satu sistem yang diperlukan dalam pembuatan kendaraan light buggy adalah sistem penggerak dan pemindah daya.
Sistem penggerak dan pemindah daya pada kendaraan light buggy sebelumnya masih menggunakan mesin temper (industrial engine) dengan sistem transmisi otomatis (continous variable transmission (CVT)), dimana cluthnya bekerja berdasarkan putaran mesin.
Sistem ini juga tidak efisien, sebab kecepatannya konstan, tidak ada perpindahan gigi percepatan dan gigi reduksi untuk mundur. Hal ini membuat pengendara tidak nyaman dalam mengendara, sebab pengendara tidak dapat mengatur kecepatan yang diinginkan, dan jika pengendara menginginkan kendaraan mundur, pengendara harus turun untuk mendorong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D3 Teknik Mesin
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:20
Last Modified: 21 Nov 2023 01:20
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/7138

Actions (login required)

View Item
View Item