Search for collections on PNUP Repository

Tinjauan Karakteristik Campuran Ac-Wc Akibat Penambahan Limbah Plastik Low Density Polyethylene (Ldpe)

Hadianto, Rekayasa and Dewi Putriani, Andi (2012) Tinjauan Karakteristik Campuran Ac-Wc Akibat Penambahan Limbah Plastik Low Density Polyethylene (Ldpe). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
TINJAUAN KARAKTERISTIK CAMPURAN AC-WC AKIBAT PENAMBAHAN LIMBAH PLASTIK LOW DENSITY POLYETHYLENE (LDPE).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

(Rekayasa Hadianto dan Andi Dewi Putriani), Tinjauan Karakteristik Campuran AC-WC Akibat Penambahan Limbah Plastik Low Density Polyethylene (LDPE), Makassar (Andi Batari Angka, S.T., M.T. dan Ir. Efraim Bara).
Indonesia yang beriklim tropis menjadi faktor penyebab kerusakan dini seperti hancurnya lapisan permukaan jalan aspal akibat perubahan cuaca yang sangat cepat maupun beban yang melewati jalan tersebut, karena untuk waktu dan daerah tertentu, suhu jalan bisa mencapai 70º C yang menyebabkan aspal menjadi meleleh sehingga aspal yang melekat pada agregat terpisah. Pemisahan agregat dan aspal ini (bleeding) yang merupakan penyebab aspal begitu mudah tererosi akibat kikisan air atau tidak tahannya beban yang begitu berat saat melintas diatas aspal jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah plastik Low Density Polyethilene (LDPE) pada karakteristik campuran AC-WC.
Pada penelitian ini digunakan 5 variasi kadar plastik yaitu 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5% untuk mengetahui karakteristik AC-WC. Metode yang digunakan adalah metode marshall test yang bertujuan mengetahui karakteristik, kinerja campuran, dan kadar optimum penggunaan aspal pada campuran AC-WC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakteristik AC–WC yang meliputi persentase kadar plastik yang diperoleh dari hasil pengujian 1%-5% dari jumlah kadar aspal optimum, jika kadar plastik dalam aspal ditambahkan maka nilai stabilitas, flow, dan marshall quotient mengalami peningkatan dan penurunan yang tidak stabil, sedangkan nilai VFB dan kepadatan meningkat, dan nilai VIM dan VMA menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:00
Last Modified: 03 Oct 2023 06:00
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item
View Item