Search for collections on PNUP Repository

Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Model Balanced Scorecard (Bsc) Pada Pt Abc

Rahmah, Sitti (2018) Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Model Balanced Scorecard (Bsc) Pada Pt Abc. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BALANCED SCORECARD (BSC) PADA PT ABC.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa komplain yang diterima PT ABC terkait harga dan kualitas produk, serta pelayanan kepada pelanggan selama bulan Maret dan April 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja PT ABC apabila diukur dengan menggunakan model Balanced Scorecard (BSC). Dengan adanya model BSC sebagai alat pengukuran kinerja, maka diharapkan alat tersebut dapat meningkatkan kinerja PT ABC di masa yang akan datang, baik itu dari segi keuangan, maupun non keuangan.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Software Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 21 dan dilakukan dalam beberapa tahap pengujian, yaitu: uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas digunakan untuk mengetahui kelayakan butir-butir dalam suatu daftar pertanyaan dalam mendefinisikan suatu variabel. Sedangkan, uji reliabilitas dugunakan untuk mengetahui ukuran kestabilan dan konsistensi responden dalam menjawab hal yang berkaitan dengan kontruk-kontruk pertanyaan (Sujarweni, 2016:239)
Hasil penelitian apabila dilihat dari sisi perspektif keuangan menunjukkan kinerja perolehan laba yang baik di bulan Maret sebesar 34 % dan cukup baik di bulan April sebesar 30 %, kinerja perolehan pendapatan yang efektif di bulan Maret sebesar 93 % dan sangat efektif di bulan April sebesar 101 %, serta kinerja pemakaian biaya yang efisien selama bulan Maret dan April sebesar 66 % dan 70 %. Selanjutnya, apabila dilihat dari sisi perspektif pelanggan, maka PT ABC mendapatkan penilaian yang setuju dan puas dari responden pelanggan. Disamping itu, dari sisi perspektif proses bisnis internal menunjukkan adanya inovasi, pencapaian target pembuatan produk berkualitas, serta produk rusak PT ABC masing-masing sebesar 99,81 %, serta 0,19 % di bulan Maret dan 99,77 %, serta 0,23 % di bulan April. Adapun dari sisi layanan purna jual, PT ABC mencerminkan kinerja yang baik berdasarkan hasil kuesioner kepuasan pelanggan. Sedangkan, kinerja dari sisi perspektif pertumbuhan dan pengembangan, PT ABC mendapatkan penilaian yang puas dari responden karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:49
Last Modified: 11 Sep 2023 03:49
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item
View Item