Search for collections on PNUP Repository

Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar

Qurratul AIN, Humairah (2022) Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Di Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
OENGUKURAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT ....pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar bagian Pajak Bumi dan Bangunan. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah pelayanan yang masih kurang baik yang berakibatkan kurang puasnya masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan dan tanggapan masyarakat terhadap pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar.
Populasi penelitian ini yaitu masyarakat yang telah mengurus Pajak Bumi dan Bangunan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 106 responden yang diambil secara accidental. Pengumpulan data yaitu dengan memberikan kuesioner (Permen PAN No. 14 Tahun 2017). Selain kuesioner pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi awal. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian pada tabel rekapitulasi menunjukkan bahwa pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar termasuk dalam kategori kurang baik dan masih terdapat indikator yang masih kurang yang perlu ditingkatkan. Adapun Indeks Kepuasan Masyarakat mendapatkan nilai 2,697. Perhitungan tersebut mutu pelayanan pengurusan permohonan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar adalah C. Hal ini dapat diartikan bahwa pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Daerah kota Makassar adalah kurang baik. Hal inilah yang membuat masyarakat merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:51
Last Modified: 11 Sep 2023 00:51
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5218

Actions (login required)

View Item
View Item