Search for collections on PNUP Repository

Rancang Bangun Chassis dan Sistem Kontrol Bodi Mobil Listrik Omnidirection untuk Penggunaan di Terminal Bandar Udara

Ahmad Reza Nurmawan and Reza Amaldi Ibrahim (2022) Rancang Bangun Chassis dan Sistem Kontrol Bodi Mobil Listrik Omnidirection untuk Penggunaan di Terminal Bandar Udara. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Rancang Bangun Chassis dan Sistem Kontrol Bodi Mobil Listrik Omnidirection untuk Penggunaan di Terminal Bandar Udara...Jurnal.pdf] Text
Rancang Bangun Chassis dan Sistem Kontrol Bodi Mobil Listrik Omnidirection untuk Penggunaan di Terminal Bandar Udara...Jurnal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Rancang Bangun Chassis dan Sistem Kontrol Bodi Mobil Listrik Omnidirection untuk Penggunaan di Terminal Bandar Udara.pdf] Text
Rancang Bangun Chassis dan Sistem Kontrol Bodi Mobil Listrik Omnidirection untuk Penggunaan di Terminal Bandar Udara.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun chassis dan bodi mobil listrik omnidirection dari bahan besi hollow dan aluminium plat dengan tebal 0,3mm. Terciptanya mobil listrik ini menjadikan inovasi untuk pengembangan mobil yang dapat digunakan di terminal bandar udara. Bodi pada mobil listrik ini yang dapat berputar 1800 ke kanan dan ke kiri ini bertujuan untuk memudahkan pengendara mobil melewati kepadatan penumpang yang terjadi di terminal bandar udara. Selain untuk memudahkan pengendara ketika melewati kepadatan penumpang, bodi mobil omnidirection ini juga bertujuan untuk memperluas jangkauan pandang pengendara ketika melakukan kegiatan memarkir mobil sehingga meminimalisir insiden yang dapat terjadi dikarenakan terminal bandar udara yang padat.
Dalam penelitian ini telah dirancang bangun chasis yang dapat menopang beban senilai 1.956 N, dan bodi mobil listrik yang bergerak secara omnidirection dengan berat 26 kilogram. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kecepatan putaran bodi mobil pada putaran clock-wise 90˚ adalah rata-rata 4,725 rpm dan kecepatan putaran bodi mobil pada putaran clock-wise 180˚ adalah rata-rata 4,95 rpm. Sedangkan pada kecepatan putaran bodi mobil pada putaran counter clock-wise 90˚ adalah rata-rata 4,905 rpm dan kecepatan putaran bodi mobil pada putaran counter clock-wise 180˚ adalah rata-rata 4,821 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D4 Teknik Mekatronika
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 07 Sep 2023 01:32
Last Modified: 07 Sep 2023 01:32
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5187

Actions (login required)

View Item
View Item