Search for collections on PNUP Repository

Perancangan Social Media Marketing Sebagai Media Promosi Pada Bombo Uai Merch

Dommassang, Deniar Reina (2022) Perancangan Social Media Marketing Sebagai Media Promosi Pada Bombo Uai Merch. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PERANCANGAN SOCIAL MEDIA MARKETING ...pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah pada kegiatan promosi Bombo Uai Merch yang hanya berfokus pada informasi produk dan menggunakan media promosi konvensional yang masih menggunakan waktu, tenaga, dan biaya yang banyak.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan social media marketing sebagai media promosi pada Bombo Uai Merch yang mudah digunakan/diaplikasikan serta efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar seluas-luasnya.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian desain dengan tahapan atau prosedur yang dilakukan terdiri dari 1) Analisis Kebutuhan, 2) Pengumpulan Data, 3) Perancangan, 4) Hasil, 5) Publikasi (posting), 6) Feedback. Selanjutnya, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif deskriptif.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa hasil rancangan social media marketing sebagai media promosi Bombo Uai Merch meliputi penggunaan 4 pilar (greeting, info produk, promo, engagement), 21 feeds Instagram berseta caption dan hashtag, 5 Instagram story, 5 highlight, link tree beacons.ai, 7 feeds Tiktok berseta caption dan hashtag, dan SMC bulan 22 Maret- 22 April 2022. Social media marketing ini sangat membantu dalam kegiatan promosi karena dapat diakses dengan mudah, dimana saja, dan kapan saja. Selain itu, efisiensi dari social media marketing ini terlihat dari menjangkau pangsa pasar (audiens) yang lebih luas dengan menghemat waktu, tenaga dan biaya. Selanjutnya, efektivitas social media marketing ini telah memberikan dampak yang baik bagi penjualan dengan peningkatan sebesar 80%. Strategi context, communication, collaboration, dan connection telah sesuai dengan kebutuhan followers. Berdasarkan hasil tersebut, maka social media marketing ini dapat direkomendasikan untuk menghemat waktu, biaya dan tenaga kegiatan promosi kedepannya. Pada penelitian selanjutnya diharapkan penambahan durasi penelitian menjadi 2 bulan agar postingan konten lebih bervariasi baik konten gambar maupun video dan penambahan penggunaan pilar seperti give away, mini kuis, dan behind the scene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D4 Administrasi Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:11
Last Modified: 04 Sep 2023 07:11
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5155

Actions (login required)

View Item
View Item