Search for collections on PNUP Repository

Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Bisnis Pada Po Cahaya Bone Di Kota Makassar

Wulandani, Nasraeny (2017) Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Bisnis Pada Po Cahaya Bone Di Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA PO CAHAYA BONE DI KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Analisis SWOT merupakan salah satu upaya untuk mengetahui strategi yang layak bagi perusahaan. Dalam analisis SWOT, terdapat analisa lingkungan internal yaitu kekuatan dan kelemahan serta analisa lingkungan eksternal yaitu peluang dan ancaman. Dengan demikian diharapkan dapat disusun perencanaan bisnis yang sesuai dengan formulasi bisnis yang telah ditentukan.
Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan faktor eksternal apa yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan, faktor internal apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta strategi bisnis apa yang layak diterapkan pada PO Cahaya Bone berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dari sumber primer dan sekunder. Analisis data dimulai dengan mengindentifikasi faktor eksternal dan internal, lalu dianalisis dengan pendekatan strategi dengan tahapan: (1) tahap input, menggunakan matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE) dan Evaluasi Faktor Internal (IFE),
(2) tahap pencocokan, dengan matriks Internal-Eksternal (IE), (3) tahap keputusan dengan Matriks Perencanaan Strategis Kuantitatif (QSPM).
Dari analisis lingkungan eksternal dan internal dapat diidentifikasi empat faktor eksternal yang menjadi peluang dan enam faktor yang menjadi ancaman, serta delapan faktor internal yang menjadi kekuatan dan tujuh faktor yang menjadi kelemahan PO Cahaya Bone, dituangkan ke dalam matriks IE berada pada sel V dengan strategi Hold and Maintain yang berupa Strategi Penetrasi Pasar dan Strategi Pengembangan Produk. Dari hasil penentuan prioritas dengan analisis QSPM, dihasilkan prioritas Strategi Penetrasi Pasar (nilai TAS 6,039), yaitu melakukan kegiatan promosi yang intensif dan efektif dengan tujuan menciptakan image building dan meningkatan pangsa pasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:08
Last Modified: 04 Sep 2023 03:08
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item
View Item