Search for collections on PNUP Repository

Kualitas Pelayanan E-Ktp Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang

Yunus, Muh. (2022) Kualitas Pelayanan E-Ktp Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
KUALITAS PELAYANAN e-KTP DINAS KEPENDUDUKAN ....pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuliatas pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang melalui 9 indikator persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan,sarana dan prasarana.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif atau penggambaran dimana tipe penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana kualitas pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Penarikan sampelnya dilakukan dengan teknik accidental sampling, yaitu suatu teknik penarikan dimana peneliti memperoleh sampel dengan cara kebetulan. Data diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian berdasarkan hasil kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa statistika dengan menggunakan tabel yang berdasarkan hasil kuesioner yang disebarkan kepada responden dengan menggunakan skala likert.

Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan e-KTP pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang telah diterapkan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan. Bentuk layanan dari penerapan pelayanan e-KTP ditunjukkan oleh pegawai dalam melayani masyarakat Kabupaten Pinrang berupa kualitas layanan interaksi melalui sikap aparatur dalam pelayanan termasuk penanganan pengaduan masyarakat. Bentuk feedback dari kualitas pelayanan e-KTP telah ditindaklanjuti oleh aparatur berdasarkan kesesuaian, ketepaan waktu dan prosedural dari kegiatan pelayanan penerbitane-KTP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 29 Aug 2023 07:26
Last Modified: 29 Aug 2023 07:26
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item
View Item