Search for collections on PNUP Repository

Pelayanan Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpm-Ptsp) Kota Makassar

Indah, Puspita Sari (2020) Pelayanan Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (Imb) Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpm-Ptsp) Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir] Text (Laporan Tugas Akhir)
PELAYANAN PENGURUSAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) KOTA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar, dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden dengan mengunakan teknik Accidental Sampling. Tipe penelitan yang digunakan ialah tipe penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi,kuesioner, dokumentasi, dan penelusuran data secara online. Analisis data yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu statistik deskriptif menggunakan tabel distribusi frekuensi. Adapun skala pengukuran data yang digunakan adalah skala likert.
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar dibatasi pada kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelayanan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Makassar sudah cukup baik. Tingkat kualitas pelayanan dapat diukur menggunakan 5 dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Emphaty (Empati).
Adapun masalah yang biasanya dihadapi dalam pelayanan pengurusan IMB adalah ketepatan waktu penyelesaian. Jika waktu penyelesaian IMB cepat dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan masyarakat akan merasa puas dan senang terhadap pelayanan yang diberikan sehingga sangat diperlukan pelayanan yang baik, cepat dan tepat.
.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:54
Last Modified: 10 Apr 2023 06:54
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item
View Item