Search for collections on PNUP Repository

Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Taman Pendidikan Qur’an Berbasis Android

Utami, Nur (2019) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Taman Pendidikan Qur’an Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada usia 6 – 12 tahun para orang tua memberikan pembelajaran nonformal kepada anak, khusunya pada pembelajaran mengenai agama islam. Kemampuan anak dalam menghafalkan ayat demi ayat membutuhkan berbagai stimulasi khusus. Stimulasi yang diberikan melalui media pembelajaran tentang materi cara berwudu, hafalan sholat, doa harian, surah pendek, ayat pilihan, tahsinul qitabah, dan ilmu tajwid. Media pembelajaran akan berupa aplikasi berbasis android dengan teknologi informasi terpadu sebagai komunikasi interaktif yang menampilkan video animasi, gambar ilustrasi dan audio yang dikemas dengan teknologi multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun aplikasi pembelajaran untuk anak taman pendidikan qur’an berbasis android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) yaitu Perencanaan aplikasi, Analisis kebutuhan, Desain aplikasi, Implementasi, dan Pengujian. Hasil penelitian diketahui melakukan pengujian menggunakan : 1) metode Black-Box , 2) Hasil Pre test dan Pos test yang menunjukan kenaikan sebesar 50% dari sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi, dan 3) Kuesioner mendapatkan persentase 93.33% dari 100% yang masuk pada kualifikasi (baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:15
Last Modified: 07 Aug 2023 06:15
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4729

Actions (login required)

View Item
View Item