Search for collections on PNUP Repository

Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan (Studi Kasus : Sulawesi-Selatan)

Arfianti, Arfianti (2016) Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan (Studi Kasus : Sulawesi-Selatan). Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN TOKOH PAHLAWAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Sejarah mengenai pahlawan sangatlah penting bagi semua orang untuk dipelajari. Berdasarkan survei awal yang telah dilakukan oleh peneliti, sebagian besar responden hanya mengenal wajah dan tidak mengetahui nama-nama pahlawan Indonesia (Makassar, 2016).

Mengutip pemikiran Amirullah dkk (2012) bahwa game berjenis edukasi bertujuan untuk memancing minat belajar siswa terhadap materi pelajaran sambil bermain game. Berdasarkan uraian tersebut, adapun tujuan penelitian ini, yaitu dihasilkannya game yang dapat membantu masyarakat dalam mengenal dan mengingat kembali tokoh pahlawan khusunya daerah Sulawesi-Selatan.

Metode perancangan game edukasi pengenalan tokoh pahlawan Sulawesi Selatan ini menerapkan genre game puzzle dilanjut dengan genre game kuis. Perancangan untuk game puzzle menggunakan 10 gambar tokoh pahlawan dan dilanjutkan dengan game kuis mengenai informasi 10 tokoh tersebut.

Pengujian terhadap responden kalangan mahasiswa, masyarakat umum, dan anak-anak sekolah disimpulkan bahwa game edukasi ini dapat membantu dalam mengenal dan mengingat kembali tokoh pahlawan di Sulawesi-Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Komputer dan Jaringan
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:53
Last Modified: 07 Jul 2023 02:53
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item
View Item