Search for collections on PNUP Repository

Penerapan Konsep Balanced Scorecard Sebagai Metode Pengukuran Kinerja Pada Rs Dr. Wahidin Sudirohusodo

Paksi, Putri Eka (2018) Penerapan Konsep Balanced Scorecard Sebagai Metode Pengukuran Kinerja Pada Rs Dr. Wahidin Sudirohusodo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PENERAPAN KONSEP BALANCED SCORECARD SEBAGAI METODE PENGUKURAN KINERJA PADA RS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian kinerja RS Dr. Wahidin Sudirohusodo dengan menggunakan konsep balanced scorecard. Balanced scorecard merupakan alat pengukuran kinerja dengan menggunakan 4 (empat) perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.
Tipe penelitian ini adalah penelitian lapangan, penelitian yang dilakukan dengan penilaian dari aspek keuangan dan aspek non keuangan yakni perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data penelitian ini diperoleh langsung dari RS Dr. Wahidin Sudirohusodo dan dari kuisioner yang disebarkan (primer). Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu menganalisis data yang dikumpulkan, diklasifikasikan, dan diintrepretasikan dan metode induktif yaitu membuat kesimpulan umum dari kesimpulan khusus.
Berdasarkan hasil penelitian dari keempat perspektif balanced scorecard menunjukkan bahwa RS Dr Wahidin Sudirohusodo memiliki kinerja yang baik karena mampu mencapai target 75% dari standar atau 14 (empat belas) dari 16 (enam belas) indikator yang digunakan telah memenuhi standar. Pada perspektif keuangan menunjukkan hasil yang baik pada rasio ekonomi, rasio efisiensi, rasio efektivitas. Perspektif pelanggan menunjukkan hasil yang baik untuk indikator kepuasan pelanggan dan retensi pelanggan, namun akuisisi pelanggan masih kurang. Perspektif bisnis internal menunjukkan hasil yang baik, namun untuk bagian pelayanan mutu rawat inap yaitu Bed Occupancy Rate (BTO) , Net Death Rate (NDR) dan Gross Death Rate (GDR) belum memenuhi standar ideal. Untuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan capaian kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:23
Last Modified: 26 Jun 2023 03:23
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item
View Item