Search for collections on PNUP Repository

Sistem Manajemen Piutang Pelanggan Korporasi (Studi Kasus Pt Indonesia Comnets Plus Sbu Regional Sulawesi Dan Indonesia Bagian Timur)

Siagian, Frisisilia (2022) Sistem Manajemen Piutang Pelanggan Korporasi (Studi Kasus Pt Indonesia Comnets Plus Sbu Regional Sulawesi Dan Indonesia Bagian Timur). Diploma thesis, Politeknik negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
SISTEM MANAJEMEN PIUTANG .. wtr.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

RINGKASAN

PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) merupakan perusahaan penyedia jaringan telekomunikasi, jasa, dan konten telekomunikasi, khusus untuk mendukung teknologi dan sistem informasi PT PLN (Persero) dan publik. Dengan banyaknya pelanggan yang dilayani oleh ICON+ sehingga tentunya memerlukan sistem yang dapat mengefisiensikan segala aktivitas di dalam perusahaan, salah satunya dalam hal administrasi seperti proses penagihan piutang kepada pelanggan. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan dengan Manajer Bidang Operasional Pemeliharaan dan Aset (Opharset), Surya Darma, dapat diketahui bahwa prosedur yang digunakan dalam penagihan invoice kepada pelanggan masih dilakukan secara manual. Hal ini tentunya sangat tidak efisien karena dapat memengaruhi efektivitas penerimaan kas, baik dalam segi penggunaan waktu dan hal lainnya, mengingat pada tahun 2020 rata-rata jumlah tagihan pelanggan ICON+ yang harus diproses adalah sekitar 300 tagihan per bulannya. Oleh karena itu, pada penelitian ini membangun sebuah aplikasi berbasis web yang dapat mengefisiensikan proses manajemen penagihan piutang kepada pelanggan korporasi pada PT Indonesia Comnets Plus SBU Regional Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur. Hal ini dilakukan agar setiap proses penagihan piutang pelanggan dapat berjalan secara efektif dan terkendali. Sistem dirancang dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall, dengan teknik pengujian sistem menggunakan black-box testing dan usability testing dengan menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, dengan database MySQL, dan menggunakan Framework CodeIgniter 3. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa sistem manajemen piutang pelanggan ini dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan fitur di dalamnya dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan kondisi masukan saat dilakukan pengujian aplikasi. Hasil skor SUS yang diperoleh dari kuesioner pengguna dengan jumlah 25 responden yaitu 77,9 berada di atas rata-rata (above average). Artinya secara usability berdasarkan data yang diperoleh, sistem ini mendapatkan penilaian yaitu dapat diterima atau layak untuk digunakan.

Kata Kunci : PT Indonesia Comnets Plus, Sistem Manajemen Piutang, Website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Komputer dan Jaringan
Depositing User: Sahriana S.Sos
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:34
Last Modified: 22 Jun 2023 03:34
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item
View Item