Search for collections on PNUP Repository

Perumusan Strategi Bisnis Untuk Umkm Pada Ud Sinar Marusu Di Kabupaten Maros

Abdul Muttalib, Siti Nurhalisa (2020) Perumusan Strategi Bisnis Untuk Umkm Pada Ud Sinar Marusu Di Kabupaten Maros. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PERUMUSAN STRATEGI BISNIS UNTUK UMKM PADA UD SINAR MARUSUS DI KABUPATEN MAROS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UD Sinar Marusu merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Maros yang bergerak di industri furniture. Produknya antara lain adalah lemari, pintu kusen, dan pagar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor lingkungan strategis, Strategi Utama, Strategi Bisnis serta Strategi Fungsional yang relevan bagi UD Sinar Marusu. Alat analisis yang digunakan adalah matriks EFAS, IFAS, SFAS dan matriks IE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama dari UD Sinar Marusu adalah memberikan diskon dan potongan harga, mengutamakan menggunakan bahan baku dengan kualitas terbaik, dan kualitas produk yang sesuai harga. Kelemahan utama adalah tenaga kerja yang sedikit, peralatan produksi yang masih sederhana, dan keterampilan tenaga kerja masih kurang. Peluang utama adalah jumlah indeks pembangunan kab. Maros dan kota makassar yang meningkat, pajak umkm menurun menjadi 0,5%, dan struktur ekonomi sektor real estate Kab. Maros meningkat. Ancaman utama adalah bahan baku kayu yang bersifat tidak menentu, belum mengikuti kemajuan teknologi di bidang produksi dan meningkatnya jumlah unit usaha di bidang yang sejenis. Berdasarkan Matriks IE UD Sinar Marusu dapat menerapkan strategi pertumbuhan konsentarsi dengan melalui integrasi horizontal dan stability yaitu hati-hati. Strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh UD Sinar Marusu adalah strategi kerja sama dalam bentuk Value Chain Patnership (VCP) dan strategi bersaing dalam bentuk cost focus. Strategi fungsional yang relevan bagi UD Sinar Marusu untuk bidang pemasaran adalah melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial serta memfokuskan penjualan pada satu atau dua segmen pasar, untuk produksi menerapkan strategi job shop dengan ketentuan first come first serve, bidang SDM dengan melakukan perekrutan tenaga kerja sendiri serta bergabung dengan komunitas UKM Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada tenaga kerja yang dimilki dengan biaya yang rendah, dan untuk bidang keuangan adalah melakukan pendanaan jangka panjang melalui bank dalam bentu kredit investasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 19 Jun 2023 05:51
Last Modified: 19 Jun 2023 05:51
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item
View Item