Search for collections on PNUP Repository

Sistem Penyimpanan Arsip Pada Departemen Operasional Pada Pt Bumi Sarana Utama Makassar

Harfaisal P., Harfaisal P. (2018) Sistem Penyimpanan Arsip Pada Departemen Operasional Pada Pt Bumi Sarana Utama Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
SISTEM PENYIMPANAN ARSIP PADA DEPARTEMEN OPERASIONAL PADA PT BUMI SARANA UTAMA MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sistem pengelolaan arsip yang baik dan benar ialah, sistem pengelolaan arsip yang mampu menyimpan setiap arsip dengan benar dan rapi, sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan serta mampu ditemukan kembali dengan mudah ketika sewaktu-waktu arsip tersebut dibutuhkan. Namun kenyataan yang terjadi pada Departement Operasional pada PT Bumi Sarana Utama Makassar, para petugas arsip masih mengalami kesulitan dalam menemukan kembali arsip yang dibutuhkan sewaktu-waktu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem penyimpanan arsip, serta hambatan-hambatan yang timbul dalam proses penyimpanan dan penemuan kembali arsip pada Departemen Operasional pada PT Bumi Sarana Utama Makassar.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tipe deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan jumlah sampel sebanyak 4 orang, teknik penarikan sampel mengunakan sampel jenuh. Adapun tipe penelitian yang dilakukan adalah tipe deskriptif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari lokasi penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tempat penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yang menggambarkan sistem penyimpanan arsip pada kantor tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem penyimpanan arsip yang diterapkan pada Departemen Operasional pada PT Bumi Sarana Utama Makassar kurang baik, hal ini dapat dilihat pada proses pengklasifikasian dokumen yang diterapkan beragam (sistem penyimpanan berdasarka wilayah, subject/perihal dan urutan waktu/chronology), tidak menerapkan penggunaan buku agenda maupun kartu kendali, serta tidak menerapkan penggunakan buku/lembar peminjaman arsip. Akibatnya pegawai mengalami kesulitan dalam penemuan kembali arsip yang dibutuhkan sewaktu-waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:17
Last Modified: 16 Jun 2023 03:17
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/3556

Actions (login required)

View Item
View Item