Search for collections on PNUP Repository

Pelaksanaan Mutasi Pegawai Di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wajo

Rakhmansyah, Muhammad (2018) Pelaksanaan Mutasi Pegawai Di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wajo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PELAKSANAAN MUTASI PEGAWAI DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KABUPATEN WAJO.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau penjelasan tentang pelaksanaan mutasi pegawai pada kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wajo apakah sudah sesuai dengan tiga landasan yaitu apakah berdasarkan Merit System, Seniority System atau Spoil System. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan atau evaluasi bagi lembaga pemerintahan daerah Kabupaten Wajo dalam pelaksanaan mutasi pegawai pada kantor Badan Perencanaan Pembagunan Daerah Kabupaten Wajo. Dari segi akademik, hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan khasanah ilmu pemerintahan terutama kajian tentang mutasi pegawai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe deskriptif dengan tujuan untuk memberikan gambaran faktual mengenai pelaksanaan mutasi pegawai pada kantor badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wajo. Dianalisa secara kualitatif berdasarkan laporan dan catatan yang ada di lapangan. Dengan teknik pengumpulan data meliputi data primer yaitu observasi dan wawancara serta data sekunder yaitu studi kepustakaan.
Dari hasil dan deskripsi kegiatan ini menunjukkan bahwa mutasi pegawai pada kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wajo diselenggarakan berdasarkan Merit system, Seniority syste, DP3, DUK, dan DIKLAT dimana didalam pelaksanaan mutasi pegawai pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wajo yang dominan digunakan untuk menjadi pertimbangan mutasi yaitu dengan melihat prestasi kerja pegawai, disiplin pegawai, kinerja pegawai, dan profesionalisme pegawai. Akan tetapi pelaksanaan mutasi tersebut belum sepenuhnya berdasarkan Merit system hal ini terlihat dari penggunaan faktor-faktor yang berpengaruh dalam mutasi belum optimal, khususnya pada penggunaan Daftar Penilaian Pekerjaan (DP3) yang menjadi dasar untuk mempertimbangkan layak tidaknya pegawai untuk dimutasikan secara objektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 26 May 2023 02:28
Last Modified: 26 May 2023 02:28
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2578

Actions (login required)

View Item
View Item