Search for collections on PNUP Repository

Kualitas Pelayanan Pelanggan Rusunawa Kima 10 Makassar

Mardati S, Lu’lu’ah (2019) Kualitas Pelayanan Pelanggan Rusunawa Kima 10 Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN RUSUNAWA KIMA 10 MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Lu’Lu’Ah Mardati Sudarno, dengan judul tugas akhir “Kualitas Pelayanan Pelanggan Rusunawa Kima 10 Makassar”. Dibimbing oleh Drs. Hirman, M. Si selaku Pembimbing I dan Drs. Akhmad, M. Ed. TESOL selaku Pembimbing II.
Kegiatan ini di latar belakangi oleh pelayanan kepada penyewa Rusunawa Kima 10 Makassar yang seharusnya baik tetapi kenyataannya pelayanan yang diberikan kurang baik, seperti kebersihan lorong-lorong kamar, empati petugas dalam menangani keluhan pelanggan dan mengenai rasa aman dalam pengamanan gerbang rusunawa diwaktu tengah malam luput dari perhatian. Permasalahan yang penulis bahas mengenai kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan Rusunawa Kima 10 Makassar. Dengan tujuan yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT Kawasan Industri Makassar (KIMA) terhadap para pelanggan Rusunawa Kima 10 Makassar.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penyewa Rusunawa Kima 10 Makassar yang berjumlah 185 orang dan sampel yang digunakan yaitu sampel skala Likert dengan jumlah 123 orang. Dalam penelitian tugas akhir ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif, yaitu memberikan gambaran pelayanan terhadap penyewa Rusunawa Kima 10 Makassar. Data dalam laporan ini didapatkan dari hasil kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif.
Berdasarkan dari hasil rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai lima dimensi kualitas pelayanan, maka dapat diambil kesimpulan yaitu kualitas pelayanan pelanggan Rusunawa Kima 10 Makassar tergolong baik. Dalam hal ini, beberapa dimensi kualitas pelayanan seperti Reliability (kehandalan) mendapat respon baik, responsiveness (daya tanggap) mendapat respon ragu-ragu, assurance (jaminan) mendapat respon baik, emphaty (empati) mendapat respon ragu-ragu, Tangibles (fasilitas fisik) mendapat respon ragu-ragu dari pihak penyewa Rusunawa Kima 10 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 26 May 2023 02:17
Last Modified: 26 May 2023 02:17
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item
View Item