Search for collections on PNUP Repository

Pelayanan Customer Service Pada Pt. Pilar Kreasi Mandiri Makassar

Mahendra, Zea Almer (2020) Pelayanan Customer Service Pada Pt. Pilar Kreasi Mandiri Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
PELAYANAN CUSTOMER SERVICE PADA PT. PILAR KREASI MANDIRI MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pelayanan customer service pada PT Pilar Kreasi Mandiri Makassar dibimbing oleh pembimbing I, Ibu Dra.Aisyah, M.Si dan pembimbing II, Bapak Drs. Akhmad, M.Ed.TESOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan customer atau pelanggan dan kendala – kendala yang dihadapi dalam pelayanan customer service pada PT Pilar Kreasi Mandiri Makassar.
Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Non-ProbabilitySampling yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama pada setiap populasi untuk ditarik/dipilih menjadi sampel dalam suatu penelitian. Jenis Non-Probability Sampling yang digunakan adalah Accidental Sampling, yaitu mengambil responden sebagai sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi sedangkan untuk data sekunder diperoleh melalui buku – buku, dokumen – dokumen perusahaan. Adapun analisa data yang digunakan adalah analisa data deskriptif yang berasal dari data kualitatif dan kuantitatif.
Dari hasil penelitian bahwa pelayanan customer service pada PT Pilar Kreasi Mandiri Makassar sudah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dengan diterapkannya lima dimensi kualitas pelayanan seperti Tangibles, Reliability, Responsivess, Assurance dan Emphaty, Namun ada satu dimensi kualitas pelayanan yang kurang diperhatikan yaitu Tangibles, dalam hal ini kelengkapan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 24 May 2023 02:33
Last Modified: 24 May 2023 02:33
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2311

Actions (login required)

View Item
View Item