Search for collections on PNUP Repository

Analisis Best Practice Remote Lab dalam Pengajaran Mata Kuliah Praktikum Vokasi

Mimsyad, Muhammad and Mahjud, Ichsan and Sirmayanti, Sirmayanti (2021) Analisis Best Practice Remote Lab dalam Pengajaran Mata Kuliah Praktikum Vokasi. Project Report. Perpustakaan B.J.Habibie PNUP, Makassar, Indonesia. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan (P3M Project Report) Tersimpan di Perpustakaan PNUP] Text (Laporan (P3M Project Report) Tersimpan di Perpustakaan PNUP)
LAPORAN_Analisis Best Practice Remote Lab MK Praktikum Vokasi_2021.pdf - Supplemental Material

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan vokasi menawarkan kurikulum berupa penggabungan antara teori dan praktek, dimana persentase teori lebih kecil dibanding prakteknya. Hal ini dikarenakan lulusan perguruan tinggi vokasi dipersiapkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Supaya lulusan perguruan tinggi vokasi bisa cepat diserap di pasar kerja maka mereka harus dibekali dengan skill yang bagus melalui dengan praktikum. Sebagaimana biasanya, pelaksanaan mata kuliah praktikum khususnya di PNUP dilakukan dengan metode hands-on laboratorium (hands-on lab). Dengan adanya pandemik Covid-19, maka PNUP mengambil kebijakan untuk dapat melaksanakan perkuliahan secara online. Pelaksanaan kegiatan praktikum dengan menggunakan berbagai macam aplikasi komputer berupa software dapat meningkatkan fleksibilitas praktikum. Hal inilah yang mendasari sebuah alternatif untuk pelaksanaan Remote laboratorium (Remote-Lab) yang sangat cocok untuk praktikum berbasis Software yang mempunyai efisiensi dalam pembiayaan yang nantinya mendukung perkuliahan online.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis beberapa aplikasi Remote-Lab berbasis remote access/desktop sebagai best practice. Metode alternatif Remote-Lab ini bermanfaat dalam manajemen pengawasan langsung dan pengontrolan komputer yang terkoneksi dengan jaringan pada kegiatan praktikum khusus pada Mata Kuliah Kode-2 dan Kode-3. Hasil menunjukkan bahwa remote access/desktop mengizinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin (computer/desktop) jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Remote-Lab adalah sebuah solusi mudah dan praktis untuk melaksanakan kelas teori dan praktim berbasis komputer. Melalui remote-lab dosen dan mahasiswa tetap dapat saling berinteraktif dengan baik menggunakan aplikasi penunjang akses desktop yang ada. Kemudahan yang dirasakan mahasiswa berarti metode ini mudah diterima dan tujuan pembelajaran tetap dapat tercapai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi
Depositing User: Ms Sirmayanti Sirmayanti
Date Deposited: 24 May 2023 04:00
Last Modified: 24 May 2023 04:00
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2308

Actions (login required)

View Item
View Item