Search for collections on PNUP Repository

Penetapan Harga Jual Produk Pada Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi

Muhammad Resky, Ridwan (2019) Penetapan Harga Jual Produk Pada Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Laporan Tugas Akhir] Text (Laporan Tugas Akhir)
PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK PADA RUMAH MAKAN BEBEK GOYANG SULAWESI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penetapan suatu harga produk merupakan hal yang harus dilakukan agar konsumen mampu membeli namun disamping itu, harga tersebut bisa menutupi biaya-biaya produksi dan juga mendapat keuntungan yang lebih bagi pengusaha. Dengan harga yang tepat akan memungkinkan untuk menguasai pangsa pasar dengan meningkatnya volume penjualan karena harga yang bisa terjangkau bagi semua segmen pasar. Dalam menetapkan harga yang tepat dan terjangkau bagi konsumen sasaran, dibutuhkan pengetahuan mengenai sasaran apa yang ingin diambil dalam menetapkan harga, faktor-faktor apa yang mempengaruhi harga dan metode apa yang tepat dalam menetapkan harga. Sehubungan dengan itu , kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi sasaran penetapan harga , faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga, dan metode penetapan harga yang tepat di Rumah Makan Bebek Goyang Sulawesi.
Dalam kegiatan ini, data yang digunakan ialah berasal dari hasil wawancara terhadap Ibu Marwah Ismail selaku Head Officer di RM. BEGOS. Dari data hasil wawancara tersebut digunakan untuk mencari tahu sasaran penetapan harga dan faktor-faktor yang mempengaruhi harga produk di RM. BEGOS. dan data lainnya ialah data dari observasi dan dokumentasi di dua tempat rumah makan (RM. Nasi Bebek Pak Janggut dan RM Bebek Gazebo) selain di RM. BEGOS, sedangkan analisis data yang dilakukan dengan teknik analisis deksriptif dengan dengan menggambarkan atau menjelaskan fenomena penetapan harga jual produk di RM. BEGOS.
Berdasarkan hasil kegiatan dan deskripsi diketahui sasaran penetapan harga produk di RM. BEGOS adalah sasaran yang berorientasi pada penjualan dan sasaran yang berorientasi pada status quo dan sasaran yang berorientasi pada laba. Lalu faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual produk di RM. BEGOS yaitu faktor target pangsa pasar, faktor daya beli masyarakat, faktor biaya operasional, produksi dan pemasaran, dan faktor persaingan, setelah diketahui sasaran dan faktor-faktor penetapan harga maka dapat diketahui metode penetapan harga paket bebek goreng di RM. BEGOS yaitu metode penetapan harga berbasis permintaan kategori bundling pricing dan metode penetapan harga berbasis persaingan kategori at market pricing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 11 May 2023 01:58
Last Modified: 11 May 2023 01:58
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item
View Item