Ferinda, Andi Adelia (2024) Penanganan Keluhan Pelanggan Pada Pt Pln (Persero) Ulp Karebosi. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
![[thumbnail of Tugas Akhir]](https://repository.poliupg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SAMPUL BAB I, II, III, DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of Tugas Akhir]](https://repository.poliupg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN PADA PT. PLN (Persero) ULP KAREBOSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui penanganan keluhan pelanggan pada PT PLN (Persero) ULP Karebosi melalui 5 variabel yaitu mendengarkan dan memahami, klarifikasi dan penyamaan persepsi, penjelasan serta permohonan dan terima kasih, solusi dan taking action, dan follow up.
Metode kegiatan yang digunakan yaitu : penelitian deskriptif atau penggambaran dimana tipe penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana penanganan keluhan pelanggan pada PT PLN (Persero) ULP Karebosi. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling, yaitu suatu penarikan sampel yang dilakukan kepada pelanggan yang akan menyampaikan keluhan yang secara kebetulan bertemu di lokasi penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala likert.
Berdasarkan hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa penanganan keluhan pelanggan pada PT PLN (Persero) ULP Karebosi mengacu pada 5 tahapan penanganan keluhan pelanggan meliputi: 1) mendengarkan dan memahami, 2) klarifikasi dan penyamaan persepsi, 3) penjelasan serta permohonan maaf dan terima kasih, 4) solusi dan talking action, dan 5) follow up. Dan ke-lima tahap penanganan keluhan tersebut sudah sangat baik. Meskipun masih terdapat indikator - indikator yang perlu ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Nurhayati S.Sos |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 01:48 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 01:48 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/11197 |