Search for collections on PNUP Repository

Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan Kabupaten (Ruas Jalan Leworeng-Kessing Kab.Soppeng

Risky, Fachri and Alif Ash’siddiq, Muhammad (2024) Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan Kabupaten (Ruas Jalan Leworeng-Kessing Kab.Soppeng. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Sampul, BAB I s.d. BAB III dan BAB V] Text (Sampul, BAB I s.d. BAB III dan BAB V)
Sampul, BAB I, s.d. BAB III dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan....pdf] Text
Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan....pdf

Download (12MB)

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas yang berada diatas permukaan tanah atau air. Untuk memastikan kondisi jalan dalam keadaan baik dan optimal, maka peneliti perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi perkerasan jalan yang didasarkan pada survey visual kerusakan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kerusakan jalan yang ada pada ruas jalan Leworeng-Kessing dan untuk memperoleh tingkat kerusakan jalan.
Dalam penelitian ini menggunakan metode PCI (Pavement Index Condition). Lokasi penelitian terletak pada ruas jalan Leworeng-Kessing Kab.Soppeng dengan panjang jalan 3,7 km
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 37 segmen diproleh 5 jenis kerusakan jalan yaitu, retak kulit buaya (Alligator Crack) terdapat pada 10 segmen, retak pinggir (Edge Cracking) terdapat pada 1 segmen, retak memanjang dan melintang (Longitudinal and Transverse Cracking) terdapat pada 4 segmen, Tambalan dan Tambalan galian utilitas (Patching and Utility Cut Patching) terdapat pada 22 segmen, dan Lubang (Potholes) terdapat pada 37 segmen dan adapun, diperoleh nilai kondisi kerusakan paling rendah terdapat pada 1 segmen dengan kategori Buruk (Poor) sebesar 26%, sedangkan kerusakan sedang terdapat pada 1 segmen dengan kategori sangat buruk (Very Poor) sebesar 19%, dan kerusakan paling tinggi terdapat pada 35 segmen dengan kategori Gagal (Failed) sebesar 0%,2%, 3% dan 4%, sehingga penanganan jalan yang tepat yaitu Rekonstruksi/Daur Ulang dengan menggunakan perkerasan rigid

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 31 Jan 2025 03:46
Last Modified: 31 Jan 2025 03:46
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item
View Item