Search for collections on PNUP Repository

Studi Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Poros Bumi Tamalanrea Permai

Hidayat, Andi Taufik and Wal Ikram, Dzul Jalaali (2024) Studi Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Poros Bumi Tamalanrea Permai. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Sampul, BAB I s.d. BAB III dan BAB V] Text (Sampul, BAB I s.d. BAB III dan BAB V)
Sampul, BAB I s.d. BAB III dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)
[thumbnail of Tugas Akhir (lenkap)] Text (Tugas Akhir (lenkap))
STUDI PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA ...pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Di Makassar sering terjadi kemacetan, diantaranya yaitu daerah ruas Jalan Poros Bumi Tamanlanrea Permai (Jalan Tamalanrea Raya), Tamalanrea, Makassar. Kemacetan yang biasanya terjadi tersebut merupakan kejadian yang terjadwal artinya terjadi setiap jam–jam sibuk kerja di pagi dan sore hari hingga malam. Titik macet dari perumahan BTP yaitu Gerbang pintu masuk dan perempatan dekat SMP 30 Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis volume kendaraan dan hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas.
Dalam kegiatan ini data yang diambil di lapangan adalah data geometrik jalan, data waktu tempuh kendaraan, data volume lalu lintas, dan data hambatan samping. Selanjutnya data tersebut digunakan dalam menganalisis kinerja lalu lintas seperti kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan arus bebas, dan tingkat pelayanan. Metode analisis data yang digunakan pada kegiatan ini yaitu Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh volume lalu lintas maksimum sebesar 1569 smp/jam dan kapasitas jalan setelah adanya hambatan samping sebesar 1550,4 smp/jam, maka hal ini menunjukan bahwa nilai derajat kejenuhan yang didapat setelah hambatan samping yaitu dan 1.01. Dan hambatan samping tertinggi terjadi pada hari Sabtu, 27 April 2024 dan tergolong kategori hambatan samping yang tinggi (T) yaitu sebesar 506 kejadian/jam. Kecepatan arus bebas Jalan Poros Bumi Tamalanrea Permai atau Tamalanrea Raya setelah adanya hambatan samping adalah 49.44 km/jam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 24 Jan 2025 06:50
Last Modified: 24 Jan 2025 06:50
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item
View Item