Sani, Andi Anugrah and Nur Aziza, Nur Aziza (2024) Perancangan Struktur Baja Bertingkat Dua Untuk Gedung Parkir Kendaraan Roda Dua Di Politeknik Negeri Ujung Pandang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.
![[thumbnail of Sampul, BAB I s.d BAB III dan BAB V]](https://repository.poliupg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sampul, Bab 1 s.d Bab III dan Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.poliupg.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kebutuhan akan tempat parkir menjadi salah satu permasalahan yang dirasakan hingga saat ini. Kapasitas lahan parkir yang kurang memadai disertai dengan peningkatan jumlah mahasiswa menjadi faktor utama penyebab permasalahan tersebut. Akibatnya, beberapa mahasiswa parkir ditempat yang bukan semestinya sehingga menimbulkan masalah baru, seperti penyempitan jalan yang dapat menghambat mobilitas kendaraan yang ingin keluar atau masuk.
Penelitian ini dilakukan guna merancang struktur baja untuk gedung parkir berlantai dua untuk kendaraan roda dua yang aman dan nyaman serta menangani permasalahan yang terjadi terkait kebutuhan akan tempat parkir. Metode yang digunakan dalam perancangan ini disebut dengan metode LRFD (Load Resistance Factor Design) atau disebut juga dengan DFBT (Desain Faktor Beban dan Ketahanan). Adapun beberapa software yang digunakan dalam penyelesaian perancangan ini, seperti Autocad untuk membuat gambar desain, Microsoft Excel untuk menghitung beban-beban yang bekerja dan menganalisis serta mengontrol struktur secara manual. Selain itu, SAP2000 juga diperlukan untuk menganalisis struktur yang didesain.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, maka untuk kolom utama digunakan profil H 298.299.9.14, untuk balok utama digunakan profil IWF 400.200.8.13 dan IWF 300.150.6,5.9, untuk struktur ramp digunakan profil H 200.200.8.12 sebagai kolom dan profil IWF 150.75.5.7 sebagai balok, untuk rafter digunakan profil IWF 248.124.5.8, untuk gording digunakan profil C 150.50.20.4,5 dan untuk pelat lantai digunakan pelat baja atau pelat bordes dengan ketebalan 5 mm. Seluruh elemen baja tersebut disambungkan menggunakan sambungan baut dengan konfigurasi yang berbeda-beda tergantung pada lokasi serta besar gaya yang bekerja. Sementara untuk pondasi, digunakan jenis pondasi telapak dengan ukuran 1,2 m × 1,2 m untuk struktur utama dan 0,9 m × 0,9 m untuk struktur ramp.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Gedung |
Depositing User: | Rahmawati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:29 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 06:31 |
URI: | https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/11029 |