Search for collections on PNUP Repository

Sistem Informasi Geografis Daerah Rawan Kecelakaan Diruas Jalan Makassar-Parepare

Muammar, Ibnu and Muh. As’ad, Alfauzan S (2021) Sistem Informasi Geografis Daerah Rawan Kecelakaan Diruas Jalan Makassar-Parepare. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Tugas Akhir] Text (Tugas Akhir)
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN DIRUAS JALAN MAKASSAR-PAREPARE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Jalan TransSulawesi merupakan salah satu jalan penghubung wilayay yang ada di Pulau Sulawesi dan merupakan sarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi khususnya didaerah Sulawesi.Dan salah satu yang tidak luput dari pandangan kita terkait kecelakaan yang terjadi sepanjang jalan ini khususnya Jalan Poros Makassar-Parepare yang merupakan objek penelitian ini.Oleh karena itu titik-titik Rawan Kecelakaan perlu untuk diketahui untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analisa Z-Score dimana metode ini merupakan Teknik analisis untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan.Ruas jalan yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan lalu lintas adalah ruas jalan yang memiliki nilai Z-score positif, karena nilai tersebut menyatakan bahwa pertumbuhan jumlah kejadian kecelakaan di atas rata-rata. Teknik analisis niditerapkan dengan mengumpulkan data data kecelakaan sesuai dengan kebutuhan penelitian kemudian melakukan pembobotan korban dan pelaku kecelakaan yang kemudian digunakan factor kecelakaan untuk menentukan besaran angka kecelakaan pada suatu titik.
Hasil dari Analisa Z-Score untuk daerah rawan kecelakaan di ruas Jalan Poros Makassar-Parepare didapatkan 17 titik yang terindikasi menjadi daerah rawan kecelakaan setelah meninjau analisis Z-Score yang dilakukan yaitu bernilai positif. 17 Ruas jalan diatas selanjutnya diklasifikasikan menjadi tiga tingkat rawan kecelakaan yaitu Tingkat Kecelakaan Rendah, Sedang dan Tinggi. Titik yang termasuk Tingkat Kecelakaan Tinggi yaitu Perempatan dekat Gedung BRI(Maros) dan Daerah Kuburan MalluseTasi dibawah pohon. Tingkat Kecelakaan Sedang yaitu Jalan Sultan Hasanuddin No24(Barru), Depan Gedung Afiat(Maros), Depan Alfamidi Bungoro(Pangkep), SDN 11/22 Gentung Labakkang(Pangkep) dan Depan salon lolita Mandalle(Pangkep). Sedangkan Tingkat Kecelakaan Rendah yaitu Poros Dusun Alappang(Barru), Tikungan Jembatan Kuning Mangkoso(Barru), Depan Toko Andi Indra(Pangkep), Depan Warung Pangsit Solo Mas Han Bojo 1, Depan rumah kue Fhiza (Barru), Jl.A.Mappatola Pertigaan Polres(Parepare), Jl.Bau Massepe Pertigaan Lapangan(Parepare), Depan Rumah Laundry, SDN 64 Lau(Maros) dan Perempatan Lapangan Andi Mappakassau

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D3 Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 04 Apr 2023 02:51
Last Modified: 04 Apr 2023 02:55
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item
View Item