Search for collections on PNUP Repository

Pengembangan Sistem Penggerak Roda pada Mekanisme Kerja Alat Uji Suspensi Menggunakan Motor BLDC

Haliman Abrahan, Junior Sumadi and Sri Sasmita Anugrah Putri, Sri Sasmita Anugrah Putri (2021) Pengembangan Sistem Penggerak Roda pada Mekanisme Kerja Alat Uji Suspensi Menggunakan Motor BLDC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Pengembangan Sistem Penggerak Roda pada Mekanisme Kerja Alat Uji Suspensi Menggunakan Motor BLDC.pdf] Text
Pengembangan Sistem Penggerak Roda pada Mekanisme Kerja Alat Uji Suspensi Menggunakan Motor BLDC.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Pada kendaraan roda empat dibutuhkan kenyamanan dalam
mengemudi. Menggunakan sistem suspensi yang berfungsi untuk
memaksimalkan performa dari kendaraan. Fungsi spesifik dari suspensi yaitu
menyerap getaran oksilasi dan kejutan, menopang beban, memelihara
geometris roda, menambah traksi roda, dan meneruskan gaya gerak
pengereman.
BLDC motor merupakan salah satu jenis motor sinkron dimana
medan magnet yang dihasilkan oleh stator dan medan magnet yang dihasilkan
oleh rotor berputar pada frekuensi yang sama. Dimana dalam penulisan tugas
akhir ini digunakan motor BLDC agar dapat mengontrol kecepatan dari
sistem penggerak pada alat uji suspensi untuk menggerakkan belt conveyor.
Motor BLDC digerakkan oleh sebuah high power brushledd controlled yang
memiliki rata-rata tegangan 48 [V], rata-rata arus 35 [A], dan rata-rata daya
1000 [W]. Energi motor ini disupply dari power supply yang mampu
menghasilkan tegangan 50 [V] dan arus 30 [A]. Alat uji suspensi dilengkapi
dengan LCD 16x2 untuk menampilkan simpangan saat pembebanan kejut
terhadap pegas, dan dilengkapi dengan data logger untuk menyimpan
simpangan yang terjadi saat pembebanan kejut menggunakan hambatan
setinggi 1 cm terhadap pegas. Rata-rata simpangan yang terjadi pada suspensi
dengan tekanan 1-3 bar yaitu 6.4 mm.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan
bahwa alat uji suspensi mampu menggerakan roda kendaraan dengan
tambahan beban dan kecepatan yang dapat diatur serta dapat mengetahui
simpangan yang terjadi pada body kendaraan dengan menggunakan data
logger.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknik Mesin > D4 Teknik Mekatronika
Depositing User: B.J.H Library PNUP
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:21
Last Modified: 14 Apr 2023 03:21
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item
View Item