Perancangan Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Fisika Dasar

Zulfajri S, Achmad (2018) Perancangan Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Fisika Dasar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN FISIKA DASAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan salah satu teknologi di era ini yang mampu membantu manusia dalam hal memvisualisasikan obyek maya ke dalam objek nyata secara real time. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemanfaatan teknologi AR ini pada berbagai bidang. Salah satunya yaitu implementasi AR di bidang edukasi yakni pemanfaatan AR pada mata pelajaran fisika dasar. Aplikasi AR yang diujicobakan dalam penelitian ini berbentuk mobile dimana aplikasi dapat dipakai dimanapun tanpa harus menyiapkan berbagai peralatan yang berat. Pengujian aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan studi aplikasi dan studi pengguna. Pengguna dalam hal ini kalangan pelajar diminta untuk menggunakan aplikasi AR melalui smartphone mereka. Kemudian reaksi dari pelajar diamati untuk menentukan kebutuhan dari pelajar itu sendiri. Beberapa pertimbangan dihasilkan dari penelitian ini. Animasi dari materi perlu diubah menjadi lebih spesifik agar lebih mudah dimengerti. Adapun kelebihan dari aplikasi AR mobile yang dibuat ini yaitu pembacaan katalog lebih cepat dan juga sifat dari aplikasi ini dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D4 Teknik Multimedia dan Jaringan
Depositing User: Unnamed user with username 197103102001121001
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:12
Last Modified: 04 Aug 2023 08:12
URI: http://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item
View Item