Search for collections on PNUP Repository

Kualitas Pelayanan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Makassar

Aulya, Arsitawidya (2021) Kualitas Pelayanan Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Laporan Tugas AKhir] Text (Laporan Tugas AKhir)
KUALITAS PELAYANAN PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) MAKASSAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PT Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi sekaligus sebagai pelopor usaha di bidang tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula pesaing yang lebih diminati oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dari jarangya ketersediaan pilihan pengiriman melalui PT Pos Indonesia pada marketplace. Selain itu, dikondisi pandemi seperti saat ini juga menurunkan daya beli masyarakat maka dari itu semakin menurun pula masyarakat yang menggunakan jasa dari PT Pos Indonesia.
Berdasarkan hasil observasi masalah yang dihadapi oleh PT Pos Indonesia (Persero) Makassar yaitu terkadang petugas loket tidak menyambut dengan baik kedatangan pelanggan, tidak terdapatnya petugas khusus untuk menimbang barang pelanggan. Sebagian pelanggan ada yang diberikan nomor antrian tetapi juga ada yang langsung diarahkan ke loket pelayanan. Selain itu, ketidaksesuaian harga antara situs web http://posindonesia.co.id dengan di kantor pos, sehingga membuat ketidaknyamanan bagi pelanggan. Adapun misi perusahaan yaitu bertindak efektif untuk mencapai performance terbaik. Untuk itu, agar dapat bersaing dengan perusahaan yang lain yang juga bergerak dibidang ekspedisi, PT Pos Indonesia (Persero) Makassar harus menyediakan layanan yang lebih baik karena itu penting untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan PT Pos Indonesia (Persero) Makassar.
Adapun cara yang digunakan untuk mengetahui kualitas pelayanan PT Pos Indonesia (Persero) Makassar yaitu dengan turun langsung dilapangan mengobservasi dan menyebarkan kuesioner kepada pelanggan serta membuat buku tamu. Selanjutnya untuk mengolah data penulis menggunakan metode dengan skala likert. Berdasarkan hasil olah data kualitas pelayanan PT Pos Indonesia (Persero) Makassar berada pada tingkat yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Administrasi Niaga > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: Nurhayati S.Sos
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:10
Last Modified: 05 Apr 2023 06:23
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item
View Item