Analisis Hubung Singkat Asimetris Pada Kelistrikan Sulawesi Selatan dan Barat Dengan Menggunakan Electrical Transient Analiyzer Program (ETAP)

Fatmawati, Azis and Ahmad, Rosyid Idris and Akhyar, Muchtar (2016) Analisis Hubung Singkat Asimetris Pada Kelistrikan Sulawesi Selatan dan Barat Dengan Menggunakan Electrical Transient Analiyzer Program (ETAP). In: Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI) 2016, 3 November 2016, Aula Lt 3 PNUP, Makassar.

[img]
Preview
Text
SNTEI_2016_ET_027.pdf

Download (870kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar arus gangguan hubung singkat asimetris yang terjadi pada saluran 150 kV pada sistem kelistrikan Sulawesi Selatan dan Barat dengan menggunakan software ETAP, dan berapa besar momentary duty pemutus saluran 150 kV. Data-data yang diperoleh dari Pihak AP2B PLN berupa data sekunder meliputi data pembangkitan, transmisi, dan beban yang selanjutnya diproses lebih lanjut untuk memperoleh data teraan generator dan transformator yang telah diubah kedalam satuan per unit (pu) dengan menggunkan MVA dasar. Selanjutnya data yang telah diperoleh diolah dan disimulasikan menggunakan Software ETAP untuk menganalisis arus hubung singkat asimetris pada titik gangguan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak generator yang terkoneksi pada rel bus semakin besar pula arus hubung singkat asimetrisnya. Short-circuit Report ETAP memperlihatkan arus hubung singkat terbesar terjadi pada bus 9A&B (Tello) dengan nilai arus gangguan sebesar 13.029 kA

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Department of Electrical Engineering > Teknik Listrik
Depositing User: Ahmad RosyidIdris
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:02
Last Modified: 06 Jun 2017 06:25
URI: http://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item