Pemilihan Moda Angkutan Umum Untuk Pegawai Pengguna Angkutan Kota di Kota Makassar

Syahrul, Syahlendra and Muhammad, Isran Ramli and Ali, Nur (2016) Pemilihan Moda Angkutan Umum Untuk Pegawai Pengguna Angkutan Kota di Kota Makassar. In: Seminar Nasional Transportasi, Infrastruktur dan Lingkungan, 22 Oktober 2016, Makassar.

[img] Text
Syahlendra pemilihan moda.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only until 22 October 2030.

Download (2MB)
[img] Text
10 SeNTRal_2016_paper_10 ok hal 64-71.doc

Download (4MB)
Official URL: http://sentral2016.blogspot.com

Abstract

Sebagai salah satu solusi permasalahan tata guna lahan dan transportasi di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya, Pemerintah Pusat menetapkan konsep Mamminasata Metropolitan Area (MMA). Dalam perencanaan MMA, solusi transportasi perkotaan menawarkan rencana pengimplementasian sistem transportasi massal, yang dapat berbasis rel (LRT atau Monorail) ataupun bus (BRT). Dalam konteks pemilihan moda angkutan massal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran kebutuhan setiap moda melalui pembangunan model pemilihan moda angkutan umum untuk wilayah MMA khususnya untuk wilayah Kota Makassar. Objek yang ditinjau adalah pegawai yang menggunakan angkutan kota di Kota Makassar. Moda yang ditinjau dalam penelitian ini, yaitu moda eksisting angkutan kota, serta moda yang direncanakan akan diterapkan di Kota Makassar, yaitu monorail dan busway. Variable yang ditinjau adalah variabel yang bersifat kuantitatif dan memiliki ukuran yang jelas, yaitu variable biaya perjalanan dan kecepatan perjalanan. Pengumpulan data teknis dilakukan secara sekunder dan primer, data preferensi pengguna moda angkutan umum dilakukan dengan survey berbasis kuisioner yang di disain dengan menggunakan metode stated preference. Kuisioner survey memperlihatkan 9 kondisi perubahan biaya perjalanan dan kecepatan perjalanan akibat adanya kebutuhan penambahan moda penghubung untuk mencapai atau meninggalkan halte busway atau stasiun monorail. Pembangunan model dilakukan menggunakan perangkat lunak STATA dengan menjadikan moda angkutan kota sebagai base outcome. Analisis model berbasis model pemilihan diskret dilakukan dengan pendekatan multinomial logit model. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk semua kondisi perubahan biaya perjalanan dan kecepatan perjalanan, moda eksisting angkutan kota masih lebih dominan dipilih oleh pegawai pengguna angkutan kota di Kota Makassar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Department of Civil Engineering > Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Syahlendra
Date Deposited: 12 Apr 2017 06:44
Last Modified: 17 Jun 2019 07:13
URI: http://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/354

Actions (login required)

View Item View Item