Search for collections on PNUP Repository

Analisis Terhadap Perencanaan Strategis PT Esaputlii Prakarsa Utama Di Barru

Nursapitri, Sami and Ani, Saputri (2021) Analisis Terhadap Perencanaan Strategis PT Esaputlii Prakarsa Utama Di Barru. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
ANALISIS TERHADAP PERENCANAAN STRATEGIS PT ESAPUTLii PRAKARSA UTAMA DI BARRU.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan industri dewasa ini menuntut setiap perusahaan untuk mengembangkan usahanya agar tetap survive. PT Esaputlii Prakarsa Utama adalah salah satu perusahaan pada industri perikanan yang membutuhkan perencanaan strategis dalam mencapai keunggulan kompetitifnya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang relevan bagi PT EPU di masa yang akan datang. Metode analisis data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner kepada bagian-bagian penting perusahaan kemudian diolah menggunakan analisis balance scorecard (BSC), analisis SWOT dengan menggunakan matriks EFAS, IFAS, SFAS, grand strategy matrix, genericPorter strategy, danresource basedapproach.
Hasil penelitian evaluasi terhadap visi, misi, tujuan, dan strategi PT EPU menunjukkan bahwa perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sudah memadai sedangkan perspektif pelanggan dan perspektif keuangan kurang memadai. Hasil penelitian analisis lingkungan menunjukkan bahwa kekuatan utama dari PT EPU meliputi produk yang dihasilkan merupakan produk yang berkualitas, memiliki sertifikat, dan senantiasa memberikan empati kepada pelanggan; kelemahan utama adalah pangsa pasar yang masih sempit, tenaga kerja kurang disiplin, tidak adanya pelatihan, dandouble job; peluang utama meliputi adanya kerjasama dengan distributor, sumber daya yang melimpah, dan permintaan produk yang terus meningkat. Ancaman utama meliputi kurs dollar yang berfluktuasi, penyakit, persaingan yang semakin ketat dan iklim yang berubah-ubah. Berdasarkan rumusan visi yang baru ditambahkan unsur layanan yang berkualitas dan pada misi yang baru ditambahkan unsur yang menitikberatkan pada pemberian produk unggul untuk pelanggan. Berdasarkan matriks IE PT Esaputlii Prakarsa Utama dapat menerapkan strategi pertumbuhan konsentrasi melalui strategi intensif dan diversifikasi konsentris. Strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh PT EPU adalah strategi kerja sama yaitu bermitra (partnering) dan strategi fokus melalui fokus biaya, serta strategi diferensiasi dengan memberikan keunikan pada produk dan layanannya. Strategi fungsional yang relevan bagi PT Esaputlii Prakarsa Utama untuk aspek pemasaran adalah dengan memaksimalkan penggunaan internet untuk promosi, aspek produksi dengan melakukan produksi secara massal dan menggunakan tenaga kerja yang terampil, untuk aspek SDM dengan merekrut tenaga kerja sendiri dan menyediakan fasilitas berupa pelatihan untuk karyawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D4 Akuntansi Manajerial
Depositing User: Sitti Maryam
Date Deposited: 19 May 2023 07:38
Last Modified: 19 May 2023 07:38
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item
View Item