Identifikasi Kerusakan Aset Irigasi Tingkat Saluran Tersier Pada Daerah Irigasi Bissua Berbasis Sistem Informasi Geografis (GIS)

Abdul, Rivai Suleman (2016) Identifikasi Kerusakan Aset Irigasi Tingkat Saluran Tersier Pada Daerah Irigasi Bissua Berbasis Sistem Informasi Geografis (GIS). In: Seminar Nasional Teknik Sipil XII-2016 ITS, 28 Januari 2016, Surabaya, Indonesia.

[img]
Preview
Text
SEMNAS XII - 2015 SURABAYA.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Test Kemiripan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rusaknya salah satu bangunan-bangunan irigasi akan mempengaruhi kinerja sistem yang ada, sehingga mengakibatkan efisiensi dan efektifitas irigasi menjadi menurun. Bendung Bissua adalah salah satu bendung di Sulawesi Selatan yang yang mengaliri sekitar 10.785 Ha petak sawah dengan kapasitas pengambilan 25 m3/det. Terganggungnya saluran irigasi di daerah ini baik saluran primer, saluran sekunder, maupun saluran tersier dapat berdampak pada penurunan produksi pertanian dan berimplikasi negatif terhadap pendapatan petani. Penelitian ini berlokasi di titik B.Bi5 atau tepatnya pada saluran tersier Bi 5 (Kiri) Daerah Irigasi Bissua, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa dan bertujuan memberikan informasi serta sebagai salah satu sumber data untuk merumuskan kebijakan dalam menata jaringan irigasi dan lingkungan masyarakat setempat. Penelitian ini berbasis sistem informasi geografis (SIG) dimana hasil dari penelitian ini berupa data dalam software seperti Map Source, ArcGIS dan Google Earts. Untuk mengidentifikasi kerusakan jaringan irigasi tersier dilakukan survey dengan menggunakan GPS , kemudian mengambil koordinat, dimensi kerusakan serta foto pada titik kerusakan. Berdasarkan Peraturan Menteri Pekejaan Umum Republik Indonesia, No. 32 tahun 2007, diperoleh tingkat kerusakan untuk saluran tersier Bi 5 (Kiri) dengan persentase kerusakan 7,84 % dikategorikan dalam kondisi baik (tingkat kerusakan <10%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Civil Engineering > Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: Abdul Rivai Suleman
Date Deposited: 10 Jan 2017 21:27
Last Modified: 14 Feb 2020 08:52
URI: http://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item