Search for collections on PNUP Repository

Optimalisasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jl. Batua Raya – Jl. Borong Raya – Jl. Toddopuli Raya Timur Di Kota Makassar

Muhammad, Ryan Alifdzal and Hasriayu, Hasriayu (2019) Optimalisasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jl. Batua Raya – Jl. Borong Raya – Jl. Toddopuli Raya Timur Di Kota Makassar. Diploma thesis, Politeknik Negeri Ujung Pandang.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL JL. BATUA RAYA – JL. BORONG RAYA – JL. TODDOPULI RAYA TIMUR DI KOTA MAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Pertumbuhan jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan peningkatan volume jalan mengakibatkan terjadinya perlambatan hingga kemacetan diberbagai ruas jalan. Di sisi infrastruktur Kota Makassar, pertumbuhan jalan yang cenderung konstan menyebabkan kemacetan pada ruas jalan tertentu pada waktu dan kondisi tertentu seperti pada simpang Jl. Batua Raya – Jl. Borong Raya dan Jl. Toddopuli Raya Timur. Dengan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan peninjauan terhadap kinerja lalu lintas dan memperoleh optimalisasi kinerja pada simpang tersebut. Analisis data dan perencanaan menggunakan metode MKJI 1997 sebagai pedoman dan simulasi lalu lintasnya menggunakan software PTV Vissim. Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan nilai derajat kejenuhan dengan metode MKJI 1997 untuk setiap jam puncaknya adalah lebih dari 1 (DS > 1). Merujuk pada peraturan Menteri Perhubungan No. KM 14 Tahun 2006, maka kinerja lalu lintas simpang memiliki tingkat pelayanan F, dimana kondisi arus tertahan atau macet dan simpang mengalami kondisi jenuh. Dari hasil perhitungan kinerja lalu lintas yang menunjukkan bahwa kondisi simpang telah jenuh maka perlu dilakukan penanganan agar permasalahan kemacetan di simpang tersebut dapat di atasi segera. Oleh karena itu direncanakan alternatif penanganan simpang berupa perencanaan simpang tak bersinyal menjadi simpang bersinyal dengan pemberian sinyal 3 fase dengan lurus langsung pada pendekat barat dan belok kiri langsung pada pendekat timur. Nilai derajat kejenuhan (DS) yang diperoleh sebesar 0.793, nilai tersebut telah memenuhi standar nilai derajat kejenuhan. Hasil simulasi dengan PTV Vissim diperoleh nilai panjang antrian pada Jl. Batua Raya yaitu 23,04 m, Jl. Borong Raya yaitu 40,84 m dan Jl. Toddopuli Raya Timur yaitu 41,36 m. Adapun untuk tingkat pelayanannya pada Jl. Batua Raya yaitu C, Jl. Borong Raya yaitu D dan Jl. Toddopuli Raya Timur yaitu D.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil > D4 Jasa Konstruksi
Depositing User: Rahmawati S.Sos
Date Deposited: 09 May 2023 06:28
Last Modified: 09 May 2023 06:28
URI: https://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1588

Actions (login required)

View Item
View Item