Analisis Karakteristik Dan Biaya Kecelakaan Di Kota Makassar

Halim, Hasmar and Adisasmita, Sakti Adji and Ramli, Muhammad Isran and Aly, Sumarni Hamid (2017) Analisis Karakteristik Dan Biaya Kecelakaan Di Kota Makassar. In: SEMINAR NASIONAL TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS MULAWARMAN 2017, 21 AGUSTUS 2017, Samarinda, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SEMNAS SAMARINDA.pdf - Presentation

Download (822kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu kota Besar di Indonesia, Kota Makassar merupakan memiliki tingkat kepemilikan kendaraan yangcukup tinggi. Setiap tahun jumlah kendaraan terus meningkat sehingga dapat memberikan dampak kemacetan lalulintas, dan kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik kecelakaan lalu lintas ditinjaudari sisi sosiodemografi, untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan di Kota Makassar dengan menggunakan metodeBatas Kontrol Atas dan besar biaya kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan di Kota Makassar, serta besar santunanyang harus dibayarkan oleh PT Jasa Raharja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kecelakaan lalu lintas dikota Makassar secara umum disebabkan oleh kendaraan penumpang yang non transportasi umum (mobil pribadi) dansepeda motor. Frekuensi kecelakaan lalu lintas dalam kurun waktu 4 tahun terakhir (2012-2015) terhitung 3.603 kasuskecelakaan dengan jumlah korban sebanyak 5.489 jiwa. Jumlah korban yang mengalami kategori meninggal 9,13%,luka berat 15,19%, luka ringan 64.46% dan yang mengalami kerugian materi sebesar 11,22%. Penyebab utamakecelakaan adalah sepeda motor 57,90%. Dari keseluruhan korban kecelakaan, usia remaja dan dewasa yang tertinggimengalami kecelakaan yaitu sebesar 87,96%. Proporsi korban yang mengalami kecelakaan berjenis kelamin laki-laki72,9%. Proporsi kecelakaan dengan jenjang pendidikan SMA merupakan proporsi yang tertinggi mencapai 53,34%dibandingkan dengan jenjeng pendidikan lainnya. Dengan menggunakan nilai rasionalisasi nilai Angka EkivalenKecelakaan (AEK) maka terdapat 3 (tiga) ruas jalan yang teridentifikasi sebagai lokasi rawan kecelakaan denganbobot angka ekivalent kecelakaannya lebih besar dari batas kontrol atas. Ketiga ruas jalan tersebut adalah JalanPerintis Kemerdekaan, Jalan Urip Sumiharjo dan Jalan A.P. Pettarani. Sedangkan tinjauan dari biaya korbankecelakaan yang dihitung dengan metode The Gross Output ialah sebesar Rp.202.931.507.228,96,-. Sedangkan jumlahtotal santunan (maksimal) Jasa Raharja yang harus dibayarkan kepada korban kecelakaan lalu lintas di kota Makassarpada periode yang sama yaitu sebesar Rp.68.755.000.000

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Civil Engineering > Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: hasmar halim
Date Deposited: 08 May 2020 00:02
Last Modified: 08 May 2020 00:02
URI: http://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item