Analisis Penentuan Lokasi Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Menggunakan Metode Batas Kontrol Atas

Halim, Hasmar and Adisasmita, Sakti Adji and Ramli, Muhammad Isran and Aly, Sumarni Hamid (2017) Analisis Penentuan Lokasi Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Menggunakan Metode Batas Kontrol Atas. Publikasi Ilmiah S3 Teknik Sipil Unhas, 43. pp. 14-22. ISSN ISSN: 2087-7986 (Unpublished)

[img]
Preview
Text
RISET III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kota Makassar sebagai salah satu kota besar di Indonesia mengalami permasalahan transportasi salah satunya adalah Kecelakaan lalu lintas. Khusus Tahun 2015 jumlah kecelakaan di kota ini mencapai 810 kejadian dengan jumlah korban mencapai 1.222 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan di Kota Makassar dengan menggunakan metode Batas Kontrol Atas. Dalam penelitian ini, data dihimpun oleh Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polrestabes Kota Makassar dari Januari 2012 hingga Desember 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan nilai rasionalisasi nilai Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) yaitu bobot untuk korban yang mengalami kematian sebesar 10, luka berat sebesar 2,25, untuk luka ringan menggunakan bobot sebesar 1,95 dan 0,8 untuk yang mengalami kerugian material. Terdapat 3 (tiga) ruas jalan yang teridentifikasi sebagai lokasi rawan kecelakaan dengan bobot angka ekivalent kecelakaannya lebih besar dari batas kontrol atas. Ketiga ruas jalan tersebut adalah Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Urip Sumiharjo dan Jalan A.P. Pettarani.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Department of Civil Engineering > Teknik Konstruksi Sipil
Depositing User: hasmar halim
Date Deposited: 08 May 2020 00:01
Last Modified: 08 May 2020 00:01
URI: http://repository.poliupg.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item